Ilmuwan Tiongkok Menemukan Kalajengking Bawah Air Kuno Seukuran Corgi

Unik

Ragam / Unik

Ilmuwan Tiongkok Menemukan Kalajengking Bawah Air Kuno Seukuran Corgi

Ilmuwan Tiongkok Menemukan Kalajengking Bawah Air Kuno Seukuran Corgi

KEPONEWS.COM - Ilmuwan Tiongkok Menemukan Kalajengking Bawah Air Kuno Seukuran Corgi Bayangkan Kamu pergi untuk perjalanan snorkelling dan menemukan kalajengking sepanjang satu meter, ekor menjulur di atas kepalanya, menerkam mangsanya dan kemudian mengangkatnya dengan lengannya yang...

Bayangkan Kamu pergi untuk perjalanan snorkelling dan menemukan kalajengking sepanjang satu meter, ekor menjulur di atas kepalanya, menerkam mangsanya dan kemudian mengangkatnya dengan lengannya yang besar untuk melahapnya.

Jikalau Kamu tinggal di Tiongkok ratusan juta tahun yang lalu, ini tidak akan keluar dari kemungkinan, dan itu pasti akan membingungkan karena Kamu akan bertemu dengan pemangsa puncak pada zaman itu.

Ilmuwan Tiongkok telah menemukan kalajengking laut ini, yang disebut Terropterus xiushanensis, menurut sebuah makalah penelitian yang diterbitkan dalam edisi terbaru Science Bulletin.

Binatang laut itu seukuran anjing corgi kecil dan mungkin hidup di lautan bagian selatan Tiongkok modern selama Periode Silur, yaitu antara 416 juta dan 443 juta tahun yang lalu.

Para ilmuwan tidak mengunci kerangka waktu tertentu ketika mereka percaya Terropterus hidup.

Fasilitas kalajengking yang paling mencolok merupakan duri tajam yang memanjang dari lengannya, yang menurut hipotesis penulis penelitian digunakan untuk menangkap mangsa.

Membawa kaki berduri besar dan mungkin telson beracun untuk menangkap dan menyerang mangsanya, Terropterus kemungkinan telah memainkan peran penting sebagai pemangsa teratas di ekosistem laut selama Silur Awal ketika tidak ada pesaing vertebrata besar di Tiongkok Selatan, tulis penulis dalam penelitian.

Fakta bahwa lengan bawah, yang disebut pedipalpus, digunakan untuk berburu merupakan bongkahan evolusi yang menarik karena, pada banyak arakhnida, terutama laba-laba, mereka sering digunakan untuk reproduksi. Tapi, di antara arakhnida, kalajengking ialah pengecualian pedipalpus yang digunakan sebagai alat pemangsa.

Telson beracun mengingatkan pada kalajengking modern, meskipun tidak mempunyai kelenjar racun yang menonjol, menurut terjemahan arti dari Terropterus.

Sementara Terropterus ialah predator puncak pada masanya, itu tidak akan menimbulkan banyak ancaman bagi manusia kalau ada saat ini, lebih memilih untuk berpesta moluska dan ikan.

Makhluk laut itu ialah mixopterid, yang merupakan bagian dari kelompok artropoda punah yang disebut eurypterids dan berkerabat dekat dengan kepiting tapal kuda dan arakhnida modern, seperti laba-laba dan kalajengking.

Selama Periode Silur, Eurypterids, seperti Terropterus kita, ialah predator puncak. Arthropoda saat ini sangat besar, dengan spesies terbesar yang diketahui merupakan Jaekelopterus rhenaniae , yang diyakini telah tumbuh hingga 2,5 meter.

Terropterus merupakan mixopterid tertua yang diketahui di Tiongkok dan diperkirakan hidup di sekitar Gondwana, sebuah benua super yang terbentuk sekitar 600 juta tahun yang lalu dan pecah sekitar 180 juta tahun yang lalu.

Dua formasi mirip pulau di lepas Pantai Gondwana akhirnya hanyut bersama untuk membentuk Tiongkok utara dan selatan modern.

Distribusi paleogeografis mixopterids agak terbatas sampai sekarang dan tidak ada contoh kelompok ini yang sebelumnya ditemukan di Gondwana, tulis para ilmuwan.

Makalah ini didasarkan pada dua set fosil yang terpisah, satu dari dekat Wuhan, di Provinsi Hunan, Tiongkok tengah, dan yang lainnya dari Xiushan, di Provinsi Chongqing Tiongkok barat daya.

Periode Silur ialah bagian dari Era Paleozoikum, masa perubahan evolusioner yang luar biasa. Itu ditentukan oleh lautan dangkal, yang memungkinkan sinar Matahari menembus dan memungkinkan beragam ekosistem untuk berkembang. (yn)

Sumber: Asiaone

Comments