Ilmuwan Temukan Ribuan Fosil Berusia 518 Juta Tahun, Ini Wujudnya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Ilmuwan Temukan Ribuan Fosil Berusia 518 Juta Tahun, Ini Wujudnya

Ilmuwan Temukan Ribuan Fosil Berusia 518 Juta Tahun, Ini Wujudnya

KEPONEWS.COM - Ilmuwan Temukan Ribuan Fosil Berusia 518 Juta Tahun, Ini Wujudnya Penemuan fosil di China. (BBC/AO Sun) Belum lama ini, para ilmuwan berhasil menemukan ribuan fosil berusia 518 juta tahun di China. Hal ini dianggap sebagai penemuan paling besar yang pernah ada. Rib...

Penemuan fosil di China. (BBC/AO Sun)

Belum lama ini, para ilmuwan berhasil menemukan ribuan fosil berusia 518 juta tahun di China. Hal ini dianggap sebagai penemuan paling besar yang pernah ada.

Ribuan fosil yang berusia 518 juta tahun ini ditemukan di tepi sungai China dan cukup unik. Pasalnya, yang ditemukan tersebut merupakan organ tubuh makhluk purba yang terawetkan dan masih dalam kondisi utuh.

Setidaknya, lebih dari separuh fosil yang ditemukan tersebut merupakan spesies baru yang disebut sebagai biota Qinjiang.

Dilansir dari BBC, fosil-fosil yang ditemukan dekat sungai Danshui di Provinsi Hubei ini mempunyai total 20 ribu spesimen.

Penemuan fosil di China. (BBC/AO Sun)Penemuan fosil di China. (BBC/AO Sun)

Total 4.351 di antaranya sudah dianalisis oleh para ilmuwan. Sisanya masih terus dipelajari oleh para ilmuwan untuk menemukan jenis spesies dari fosil tersebut.

Penemuan ini cukup menarik, pasalnya menurut para ilmuwan, penemuan fosil ini akan sangat penting dalam studi mengenai makhluk hidup nantinya.

Lebih lanjut, peneliti memaparkan bahwa mayoritas fosil yang ditemukan merupakan makhluk hidup yang mempunyai tekstur lunak layaknya ubur-ubur dan cacing.

Hewan-hewan ini lalu mengalami proses fosilisasi yang cukup panjang sehingga membuat tekstur tubuhnya sedikit berubah.

Penemuan fosil di China. (BBC/Robert Gaines)Penemuan fosil di China. (BBC/Robert Gaines)

Proses fosilisasi yang terjadi kemungkinan besar terjadi karena sudah lama terkubur dalam sedimen saat terjadinya badai. Hal ini yang membuat tubuh makhluk tersebut terawetkan selama jutaan tahun lamanya.

Berdasarkan hasil penelitian, kumpulan fosil ini diduga berasal dari Cambrian semenjak 541 juta tahun yang lalu. Cambrian sendiri merupakan masa saat makhluk hidup di Bumi masih sangat beragam dan meningkat.

Untuk mengabadikan penemuan besar para ilmuwan di China ini, sebuah jurnal lalu dipublikasikan pada Jumat (22/3/2019) lalu.

Hingga saat ini, para ilmuwan masih melakukan penelitian di daerah Hubei tersebut. Besar harapan, dapat menemukan fosil-fosil lainnya yang diduga kuat masih terpendam di daerah itu.

Comments