Ilmuwan Temukan Planet Mirip Bumi, Ada di Proxima Centauri

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Ilmuwan Temukan Planet Mirip Bumi, Ada di Proxima Centauri

Ilmuwan Temukan Planet Mirip Bumi, Ada di Proxima Centauri

KEPONEWS.COM - Ilmuwan Temukan Planet Mirip Bumi, Ada di Proxima Centauri Ilustrasi planet. (pixabay/CharlVera) Kabar mengenai para ilmuwan yang menemukan planet mirip Bumi belum lama ini cukup membuat geger. Terbaru, ilmuwan memastikan bahwa planet tersebut berada di seki...

Ilustrasi planet. (pixabay/CharlVera)

Kabar mengenai para ilmuwan yang menemukan planet mirip Bumi belum lama ini cukup membuat geger. Terbaru, ilmuwan memastikan bahwa planet tersebut berada di sekitar bintang terdekat di Tata Surya yaitu Proxima Centauri.

Mengandalkan instrumen penelitian super canggih, para ilmuwan menemukan keberadaan planet mirip Bumi yang diberi nama Proxima B ini. Diketahui planet ini mengorbit bintang Proxima Centauri yang ada di Tata Surya kita.

Mengutip Science Alert, Alejandro Suarez memaparkan bahwa Proxima B ialah hal paling menarik yang pernah ditemui dalam penelitian ini.

Secara fisik, planet mirip Bumi, Proxima B mempunyai 1,17 kali massa Bumi, jauh lebih kecil dari perkiraan sebelumnya yaitu 1,3 kali massa Bumi. Proxima B diketahui mengorbit bintang hanya dalam waktu 11,2 hari.

Sebelumnya, planet mirip Bumi ini pertama kali ditemukan pada tahun 2016 memakai HARPS atau High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher. HARPS merupaka spektograf perburuan planet yang dipasang di salah satu teleskop observatorium di Chilli.

Ilustrasi Bumi. (pexels/pixabay)Ilustrasi Bumi. (pexels/pixabay)

Penelitian lalu dilakukan dengan mengukur kecepatan radial planet mirip Bumi ini memakai Echelle Spesctograph for Rocky Exoplanets and Stable Spectroscopic Observations atau ESPRESSO.

ESPRESSO rupanya mempunyai data yang tiga kali lebih akurat bila dibandingkan dengan HARPS. Kecepatan radial planet mirip Bumi yang diukur mencakup laju perubahan jarak antara objek dan titik temu.

Biasanya, saat sebuah planet mengorbit bintang, tarikan gravitasi ini menyebabkan bintang bergerak maju dan mundur hingga menggeser spektrum cahaya. Hal ini yang lalu diteliti untuk mengetahui kejelasan planet mirip Bumi tersebut.

Ilustrasi planet bumi/PixabayIlustrasi Bumi. (Pixabay)

Bintang Proxima Centauri berada pada jarak 4,2 tahun cahaya dari Matahari. Membutuhkan waktu sekitar 73.000 tahun dari Bumi untuk dapat mencapai planet mirip Bumi, Proxima B.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memahami planet mirip Bumi ini. Mengetahui apakah atmosfer planet ini aman atau justru mematikan, atau bahkan apakah planet ini mempunyai air perlu diteliti dengan seksama.

Comments