Ilmuwan Temukan Fosil Burung Modern Tertua, Hidup Bareng Dinosaurus

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Ilmuwan Temukan Fosil Burung Modern Tertua, Hidup Bareng Dinosaurus

Ilmuwan Temukan Fosil Burung Modern Tertua, Hidup Bareng Dinosaurus

KEPONEWS.COM - Ilmuwan Temukan Fosil Burung Modern Tertua, Hidup Bareng Dinosaurus Asteriornis maastrichtensis. (scinexx.de) Ilmuwan telah menemukan fosil burung modern tertua yang pernah ditemukan sampai sekarang. Fosil tengkorak ini ditemukan hampir utuh. Fosil burung modern tert...

Asteriornis maastrichtensis. (scinexx.de)

Ilmuwan telah menemukan fosil burung modern tertua yang pernah ditemukan sampai sekarang. Fosil tengkorak ini ditemukan hampir utuh.

Fosil burung modern tertua ini ditemukan di dekat perbatasan Belanda-Belgia dan berasal dari 66,7 juta tahun yang lalu.

Burung ini ada bersama dinosaurus sebelum kepunahan Periode Kapur atau Cretaceous, yang memusnahkan 75 persen dari semua spesies di Bumi pada waktu itu.

Disebut Asteriornis maastrichtensis, hewan ini mempunyai karakteristik yang mirip dengan unggas darat dan unggas air modern, khususnya bebek dan ayam. Karenanya, fosil itu dijuduli "Wonderchicken" dengan berat hanya 400 gram.

Berkat pemindaian sinar-X resolusi tinggi, para ilmuwan dapat menemukan tengkorak burung yang hampir lengkap.

Fosil burung modern tertua. [Sciencenews.org]Fosil burung modern tertua. [Sciencenews.org]

"Ini ialah salah satu tengkorak fosil burung yang paling terpelihara dari segala usia, dari mana saja di dunia. Kami hampir harus mencubit diri sendiri ketika melihatnya, mengetahui bahwa itu berasal dari masa yang begitu penting dalam sejarah Bumi," ucap Dr Daniel Field dari Departemen Ilmu Bumi Cambridge, seperti dikutip laman dari IFL Science.

Penemuan fosil ini mengungkapkan asal-usul keanekaragaman burung dan menambah wawasan bahwa burung modern muncul pada waktu menjelang akhir zaman dinosaurus.

Tempat penemuannya di tambang di perbatasan Belanda-Berlgia juga tidak biasa. Laporan mengenai penemuan fosil Cretaceous perihal burung dari Eropa sangat jarang terjadi.

Fosil burung modern tertua. [Nature.com]Fosil burung modern tertua. [Nature.com]

Nama ilmiah Asteriornis maastrichtensis sendiri berasal dari Kota Maastricht, yang terletak di dekat tambang tempat fosil itu ditemukan, dan Asteria, yang merupakan dewi bintang jatuh Yunani dan mengubah dirinya menjadi burung puyuh untuk melarikan diri dari Zeus.

Nama itu disebut sangat cocok untuk burung yang hidup tepat sebelum asteroid atau komet menghantam planet Bumi.

itulah penemuan fosil burung modern tertua di dunia yang semapt hidup bersama dinosaurus 66,7 juta tahun silam. ( Lintang Siltya Utami).

Comments