Ilmuwan Teliti Fosil Dinosaurus dengan Punggung 'Mohawk'

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Ilmuwan Teliti Fosil Dinosaurus dengan Punggung 'Mohawk'

Ilmuwan Teliti Fosil Dinosaurus dengan Punggung 'Mohawk'

KEPONEWS.COM - Ilmuwan Teliti Fosil Dinosaurus dengan Punggung 'Mohawk' JAKARTA- Ilmuwan tengah meneliti fosil Bajivasaurus Pronuspinax yang hidup 140 juta tahun lalu. Menariknya dinosaurus tersebut mempunyai punggung yang dipenuhi duri atau tulan tajam yang tampak sepert...

JAKARTA- Ilmuwan tengah meneliti fosil Bajivasaurus Pronuspinax yang hidup 140 juta tahun lalu. Menariknya dinosaurus tersebut mempunyai punggung yang dipenuhi duri atau tulan tajam yang tampak seperti rambut Mohawk.

"Ini ialah dinosaurus besar dengan leher panjang dan ekor panjang, tetapi secara khusus ini merupakan keluarga kecil di dalam sauropoda yang panjangnya sekitar 9 atau 10 meter," kata ahli paleontologi, Pablo Gallina dari National Scientific and Technical Research Council di Argentina, seperti dilansir dari laman Science Alert, Kamis (7/2/2019).

Peneliti telah menemukan fosil dinosaurus yang terdiri dari tengkorak dan tulang-tulang utuh di Patagonia, Argentina. Temuan ini memberi para peneliti kesempatan untuk menyelidiki untuk apa duri ini digunakan.

"Kami percaya bahwa duri yang panjang dan tajam di leher dan punggung Bajadasaurus dan Amargasaurus cazaui (dicraeosaurid lain) pastilah untuk mencegah kemungkinan predator," jelas Gallina.

Dia menambahkan, "Kami berpikir bahwa seandainya mereka hanya struktur tulang telanjang atau hanya ditutupi oleh kulit, mereka bisa dengan mudah patah atau patah dengan pukulan atau ketika diserang oleh hewan lain."

Fosil Dinosaurus

Pria Ini Tewas Saat Gunakan Earphone Sambil Charge Smartphone

Sebaliknya, ia menambahkan, mereka mungkin ditutupi oleh selubung keratin, dengan cara yang mirip dengan tanduk mamalia seperti kijang.

Kerangka itu ditemukan di Formasi Bajada Colorada di Lembah Neuqu n , Argentina pada akhir 2013, dan setelah bertahun-tahun belajar dan perbandingan yang telaten, kerangka itu akhirnya diakui dalam literatur dan diberi nama, Bajadasaurus pronuspinax. Bajada ialah bahasa Spanyol untuk menuruni bukit, yang dijelaskan para peneliti mengacu pada di mana ia ditemukan.

Saat kami menyelidiki makhluk yang hidup ratusan juta tahun yang lalu, kami tidak pernah dapat sepenuhnya mengkonfirmasi alasan beberapa fasilitas asing mereka, seperti duri panjang B. Pronuspinax, jelas Gallina.

Menurut Gallina, sulit menemukan fungsi duri. Para peneliti telah memperkirakan fasilitas punggung yang aneh ini bisa menjadi 'layar' untuk mengatur suhu tubuh, atau punuk daging untuk menyimpan lemak mirip dengan unta.

Agar duri menyokong struktur seperti itu, mereka harus cukup kuat untuk tidak patah karena beratnya. Menurut para peneliti, itu juga mungkin mereka tidak menyokong daging dalam bentuk apa pun, tetapi sebagai fasilitas defensif.

"Itu tidak akan menjadi pertahanan aktif, melainkan pertahanan pasif yaitu, semacam pertahanan peringatan. Ini merupakan struktur yang memberikan peringatan kepada karnivora yang mungkin mendekat," kata Gallina.

(ahl)

Comments