Ilmuwan Meramal Gempa Bumi Dahsyat Menimpa Kawasan Khatulistiwa di Tahun 2018!

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Ilmuwan Meramal Gempa Bumi Dahsyat Menimpa Kawasan Khatulistiwa di Tahun 2018!

Ilmuwan Meramal Gempa Bumi Dahsyat Menimpa Kawasan Khatulistiwa di Tahun 2018!

KEPONEWS.COM - Ilmuwan Meramal Gempa Bumi Dahsyat Menimpa Kawasan Khatulistiwa di Tahun 2018! cnn.com Tahukah Anda, saat ini rotasi bumi kian melambat. Akibatnya aktivitas seismik intens meningkat. Khususnya di daerah tropis dengan populasi tinggi. Perlambatan rotasi periodik bumi ini dipredik...
cnn.comcnn.com

Tahukah Anda, saat ini rotasi bumi kian melambat. Akibatnya aktivitas seismik intens meningkat. Khususnya di daerah tropis dengan populasi tinggi. Perlambatan rotasi periodik bumi ini diprediksi bisa memperbanyak potensi gempa di tahun 2018.

Tidak hanya intensitas gempa yang lebih sering, tapi juga terjadi makin parah. Hubungan rotasi bumi dengan aktivitas gempa begitu kuat. Kondisi itu berpengaruh terhadap peningkatan intensitas gempa bumi. Walaupun fluktuasi rotasinya kecil, tetap saja bisa berefek pada pelapasan energi bawah tanah. Hal ini menjadi perdebatan sengit di kalangan ilmuwan di Amerika Serikat.

Sedikitnya di tahun depan, 20 gempa bumi akan terjadi. Memang belum bisa diprediksi lokasi gempa dasyat yang akan terjadi nantinya. Tetapi, para ilmuwan memperkirakan musibah itu akan menimpa daerah yang dilalui garis khatulistiwa. Penting diketahui, kalau daerah ini dihuni sekitar satu miliar orang.

Kalau seperti itu prediksi para ilmuwan, berarti Indonesia harus bersiaga. Karena merupakan daerah tropis, dan negara yang dilalui garis khatulistiwa. Lebih baik sedia payung sebelum hujan. Kalau pun gempa bumi tidak terjadi, tetap harus bersyukur. Jadi waspadalah, cek kembali kondisi hunian, dan pahami cara melindungi diri bila gempa bumi menimpa.

Comments