Ikan VS Ayam, Mana yang Lebih Baik untuk Turunkan Berat Badan?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ikan VS Ayam, Mana yang Lebih Baik untuk Turunkan Berat Badan?

Ikan VS Ayam, Mana yang Lebih Baik untuk Turunkan Berat Badan?

KEPONEWS.COM - Ikan VS Ayam, Mana yang Lebih Baik untuk Turunkan Berat Badan? Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat ialah salah satu cara yang pasti untuk menurunkan berat badan serta mempertahankannya dalam jangka panjang. Namun, ada tambahan dan penyesuaian diet khusus yang...

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat ialah salah satu cara yang pasti untuk menurunkan berat badan serta mempertahankannya dalam jangka panjang. Namun, ada tambahan dan penyesuaian diet khusus yang dikatakan dapat mempercepat penurunan berat badan.

Dua contoh tersebut ialah ikan dan ayam. Itu sebabnya Kamu akan selalu melihat orang memilih ayam bakar atau ikan bakar daripada varian lainnya.

Memanggang makanan akan membuat makanan tersebut mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan jikalau Kamu menggorengnya. Memanggang juga membutuhkan lebih sedikit minyak atau mentega sehingga kandungan nutrisi dalam makanan tetap utuh.

Ikan Bakar

Ikan dan ayam bakar mengandung protein, omega-3, dan nutrisi sehat lainnya. Karena kedua sumber ini mengandung lebih sedikit kolesterol dan lemak jenuh, keduanya dianggap sebagai 'daging yang lebih rendah lemak' dibandingkan dengan produk hewani lain yang lebih berat.

Tapi, dari dua pilihan ini, manakah versi yang lebih sehat untuk dipilih? Mana yang membantu menurunkan berat badan lebih cepat, ikan atau ayam panggang?

Melansir Times of India, sebagian besar ahli dan penelitian diet menyarankan bahwa memasukkan makanan laut atau unggas ke dalam makanan Kamu (jikalau Kamu bukan vegetarian) menunjukkan banyak kebaikan yang diharapkan untuk diet seimbang. Namun, kedua pilihan makanan ini mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan satu sama lain.

Inspirasi Outfit WFH ala Luna Maya, Penampilan Makin Stylish!

Apakah makan ikan lebih baik untuk tetap bugar?

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Journal Nutrition, Metabolism, and Cardiovascular Diseases menemukan bahwa makan ikan dapat menjadi alternatif yang lebih sehat daripada sumber daging lainnya untuk tetap kurus.

Faktanya, makan ikan juga bisa mempercepat penurunan berat badan. Para peneliti menemukan bahwa orang yang hanya makan ikan (dan bukan jenis daging lain) dalam periode delapan minggu mencatat penurunan berat badan yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Studi tersebut juga menyarankan bahwa orang yang mengonsumsi tiga porsi ikan setiap minggu juga baik untuk menurunkan berat badan dan memberikan hasil yang lebih baik.

Tuna

Makan ikan juga bisa memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaat terbesarnya merupakan asam lemak Omega-3, yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita secara alami.

Omega-3 diketahui dapat mengurangi peradangan dan tingkat stres dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

Sementara protein membantu meningkatkan rasa kenyang, penelitian juga mengklaim bahwa makan ikan dapat membantu orang tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama, dibandingkan dengan bentuk protein lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa ikan mempunyai sumber protein yang lebih rendah dibandingkan dengan daging dan produk hewani lainnya. Beberapa jenis ikan juga bisa mempunyai kandungan lemak tinggi, jadi Kamu harus berhati-hati dengan jenis ikan yang Kamu konsumsi.

Ada juga bahaya kontaminasi dan keamanan makan makanan laut. Jejak merkuri, biasanya ditemukan pada ikan bisa berpotensi berbahaya bagi mereka yang mempunyai perut sensitif. Ikan mentah harus dihindari terutama oleh wanita hamil dan anak-anak.

Selanjutnya

Comments