Ikan Koi Ini Tumbuh 10 Kali Ukuran Normal

Unik

Ragam / Unik

Ikan Koi Ini Tumbuh 10 Kali Ukuran Normal

Ikan Koi Ini Tumbuh 10 Kali Ukuran Normal

KEPONEWS.COM - Ikan Koi Ini Tumbuh 10 Kali Ukuran Normal Sejumlah pakar biologi menyebut ikan peliharaan yang dibuang ke pemiliknya ke sungai atau danau dapat mengganggu ekosistem natural.Hal ini terbukti dari banyaknya ikan koki dan koi yang tumbuh 10 kali...


Sejumlah pakar biologi menyebut ikan peliharaan yang dibuang ke pemiliknya ke sungai atau danau dapat mengganggu ekosistem natural.

Hal ini terbukti dari banyaknya ikan koki dan koi yang tumbuh 10 kali ukuran normal di perairan Australia Barat. Ikan yang dulunya tinggal di akuarium dan kolam kecil kini berubah menjadi monster sungai.

Kehadiran ikan monster ini dikhawatirkan dapat membuat populasi ikan lokal menurun drastis, atau bahkan punah.

Orang-orang tidak menyadari kerusakan apa yang mereka timbulkan terhadap ekosistem. Ada banyak ikan hama di perairan Australia Barat, ucap Kepala Riset Perikanan dari Universitas Murdoch, Dokter David Morgan, seperti yang dikutip dari metrotvnews.com, belum lama ini.

Ikan-ikan mutan ini ukurannya jaub lebih besar dari spesies lokal seperti crayfish. Ikan berukuran besar secara alami memangsa ikan yang lebih kecil. Selain itu, ikan berukuran masif itu juga kerap membawa parasit serta penyakit eksotik ke ekosistem.

Salah satu parasit itu ialah cacing anchor, yang menyebabkan penyakit parah terhadap ikan lokal.

Dokter Morgan dan koleganya Stephen Beatty menemukan sedikitnya ada 13 spesies ikan non-lokal di perairan barat dan selatan Australia. Para penggemar ikan akuarium diyakini sebagai pelaku di balik bermunculannya mutan-mutan itu.

Karena buruk terhadap ekosistem, Dokter Morgan berharap pemerintah Australia dapat mengimbau atau memberikan penyuluhan terhadap para pemilik akuarium.

Bagaimana dengan foto dibawah ini? Apakah benar-benar ikan mas raksasa? Baca selengkapnya

Comments