Ikan gabus sangat rakus dan bisa bertahan tiga hari di darat bikin repot pemerintah AS

Internasional

News / Internasional

Ikan gabus sangat rakus dan bisa bertahan tiga hari di darat bikin repot pemerintah AS

Ikan gabus sangat rakus dan bisa bertahan tiga hari di darat bikin repot pemerintah AS

KEPONEWS.COM - Ikan gabus sangat rakus dan bisa bertahan tiga hari di darat bikin repot pemerintah AS "Bila Kamu menangkap ikan gabus utara, pertama kali yang harus Kamu lakukan ialah membunuhnya dan membekukannya. Jangan lepaskan. Ingat, ikan ini bisa bertahan hidup di darat." Seruan ini berasal dari...
Loading...

"Bila Kamu menangkap ikan gabus utara, pertama kali yang harus Kamu lakukan ialah membunuhnya dan membekukannya. Jangan lepaskan. Ingat, ikan ini bisa bertahan hidup di darat."

Seruan ini berasal dari Departemen Sumber Daya Alam (DNP) di negara bagian Georgia, Amerika Serikat, yang merupakan negara bagian ke-15 yang sedang mewaspadai hewan predator yang rakus ini.

Ikan gabus utara (Channa argus), ialah ikan pemangsa rakus berbadan tipis dengan kepala datar.

10.000 telur per tahun

Ikan gabus ini memakan apa saja dalam jangkauannya, termasuk sesama ikan, katak, dan kepiting.

Ikan gabus ini bisa mencapai panjang 80 centimeter.United States Fish and Wildlife Service handout Ikan gabus ini bisa mencapai panjang 80 centimeter.

Panjangnya bisa mencapai 80cm, serta bisa bernapas, dan "berjalan" di darat. Kemampuan ini bisa membuatnya pindah dari satu perairan ke yang lain.

Sekali ikan itu tiba di sebuah perairan, populasinya sulit diberantas karena yang betina bisa bertelur 10.000 telur setahun.

Asal usul penyebaran

Spesies ikan gabus ini berasal dari China, Rusia, dan semenanjung Korea. Keberadaannya di AS dideteksi lebih dari 10 tahun lalu. Sejauh ini ada empat spesies ikan gabus di AS.

Pihak berwenang menduga, penyebaran dimulai ketika ikan ini dilepaskan dengan sengaja di perairan oleh orang yang membelinya sebagai peliharaan.

Ikan yang ditangkap di Philadelphia tahun 2005Getty Images Ilmuwan menduga kuat, wabah ikan gabus ini dimulai ketika orang melepaskan ikan ini ke perairan sesudah mereka membelinya sebagai hewan peliharaan.

Ikan ini juga ditemukan di alam liar di beberapa negara bagian: Florida, New York, Virginia, California, Massachusetts, dan Maryland.

Temuan pertama di Maryland tahun 2002 cukup mengkhawatirkan karena ikan yang ditemukan ialah anaknya, tanda bahwa spesies ini beranak pinak dengan sukses di alam liar.

Pertolongan masyarakat

Comments