Ida Tacke / Ida Noddack - Penemu Unsur Renium

Tokoh

Ragam / Tokoh

Ida Tacke / Ida Noddack - Penemu Unsur Renium

Ida Tacke / Ida Noddack - Penemu Unsur Renium

KEPONEWS.COM - Ida Tacke / Ida Noddack - Penemu Unsur Renium Biodata Ida NoddackLahir: Ida Tacke , 25 Februari 1896, Lackhausen, Provinsi Rhine, Kekaisaran JermanMeninggal: 24 September 1978 (umur 82), Bad Neuenahr, Bad Neuenahr-Ahrweiler, Rhineland-Palatinate,...
Ida Tacke / Ida NoddackBiodata Ida Noddack
Lahir: Ida Tacke , 25 Februari 1896, Lackhausen, Provinsi Rhine, Kekaisaran JermanMeninggal: 24 September 1978 (umur 82), Bad Neuenahr, Bad Neuenahr-Ahrweiler, Rhineland-Palatinate, Jerman BaratTempat tinggal: Jerman, Perancis, TurkiKewarganegaraan: JermanBidang: Ahli kimia dan fisikawanInstitusi: Allgemein Elektrizit t Gesellschaft, Berlin; Siemens & Halske ,Berlin; Physikalische Technische Reichsanstalt, Berlin; Universitas Freiburg, Universitas Strasbourg ; Staatliche Forschungs Institut f r Geochemie, BambergAlma mater: Universitas Teknik BerlinDikenal dalam: Renium, fisi nuklirPenghargaan penting: Medali Liebig, Medali Scheele
Ida Noddack, n e Ida Tacke, merupakan spesialis kimia dan fisikawan Jerman. Dia ialah orang pertama yang menyebutkan gagasan perihal pembelahan nuklir pada tahun 1934. Bersama suaminya Walter Noddack, dia menemukan unsur ke-75, renium. Dia dinominasikan tiga kali untuk Hadiah Nobel dalam bidang Kimia.

Ida Tacke lahir di Wesel, Lackhausen 25 Februari 1896. Dia ialah salah satu wanita pertama di Jerman yang belajar kimia. Dia meraih gelar doktor pada tahun 1921 di Technical University of Berlin "Pada alhariic fatty acid anhydrides yang lebih tinggi" dan kemudian bekerja di lapangan, menjadi wanita pertama yang memegang posisi ahli kimia profesional di industri kimia di Jerman.

Ida Tacke menikah dengan spesialis kimia Walter Noddack pada tahun 1926. Baik sebelum dan sesudah pernikahan mereka, mereka bekerja sebagai mitra, "Arbeitsgemeinschaft" atau "unit kerja", namun dengan pengecualian dari pekerjaannya di University of Strasbourg, posisinya merupakan janji yang belum dibayar.

(:"Walter Noddack - Penemun Unsur Renium")

Fisi nuklir

Noddack benar-benar mengkritik bukti kimia Enrico Fermi dalam percobaan pemboman neutron tahun 1934, yang darinya dia mendalilkan bahwa unsur-unsur transuranik mungkin telah diproduksi, dan yang telah diterima secara luas selama beberapa tahun. Tulisannya, "On Element 93" menyarankan sejumlah kemungkinan, yang berpusat pada kegagalan Fermi untuk menghilangkan semua elemen ringan dari unsur uranium secara kimiawi, bukan hanya mengarah ke timah. Makalah ini dianggap penting secara historis hari ini bukan hanya karena dia dengan benar menunjukkan kekurangan bukti kimia Fermi tapi karena dia menyarankan kemungkinan bahwa "dapat dibayangkan bahwa nukleus pecah menjadi beberapa fragmen besar, yang tentunya merupakan isotop unsur yang diketahui tapi tidak akan menjadi tetangga elemen yang diiradiasi."

(:"Biografi Enrico Fermi - Bapak Bom Atom")

Dengan melakukan hal itu, dia memperkirakan apa yang akan diketahui beberapa tahun kemudian sebagai pembelahan nuklir. Namun Noddack tidak memberikan bukti eksperimental atau dasar teoritis untuk kemungkinan ini, yang menantang pemahaman ketika itu. Makalah ini pada umumnya diabaikan.

Percobaan di sepanjang garis yang sama dengan Fermi, oleh Ir ne Joliot-Curie, dan Pavle Savi pada tahun 1938 mengangkat apa yang mereka sebut "kesulitan interpretasi" ketika transuranik yang seharusnya menunjukkan sifat tanah jarang daripada elemen yang berdekatan. Pada akhirnya pada tanggal 17 Desember 1938, Otto Hahn dan Fritz Strassmann memberikan bukti kimia bahwa elemen transuranik yang diduga sebelumnya ialah isotop barium, dan Hahn menulis hasil yang menarik ini kepada rekannya yang diasingkan Lise Meitner, yang menjelaskan prosesnya sebagai 'ledakan' uranium inti menjadi elemen yang lebih ringan. Tetap bagi Meitner yang telah dipaksa untuk melarikan diri dari Jerman pada bulan Juli 1938 dan keponakannya yang diasingkan, Otto Frisch, menggunakan hipotesis penurunan cairan Fritz Kalckar dan Niels Bohr (yang pertama kali diajukan oleh George Gamow pada tahun 1935) untuk memberikan model teoritis dan bukti matematis yang pertama. Apa Frisch menamai fisi nuklir (dia menciptakan istilah ini). ( Frisch juga berhasil memverifikasi reaksi fisi melalui ruang awan, yang mengkonfirmasikan pelepasan energi).

Rhenium

Walter Noddack, Ida Tacke, dan Otto Berg menamai unsur 75 renium (Rhenus Latin yang berarti " Rhine "). Renium merupakan elemen alami terakhir yang ditemukan memiliki isotop stabil. Keberadaan elemen yang belum ditemukan pada posisi ini di tabel periodik telah diprediksi oleh Henry Moseley pada tahun 1914. Pada tahun 1925 mereka melaporkan bahwa mereka mendeteksi unsur bijih platinum dan di kolumbit mineral. Mereka juga menemukan renium di gadolinite dan molibdenite. Pada tahun 1928 mereka dapat mengekstrak 1 g unsur dengan mengolah 660 kg molibdenit.

("Sejarah Penemuan Renium")

Prioritas penemuan elemen

Ida dan calon suaminya mencari elemen yang sekarang tidak dikenal 43 dan 75 di Physikalisch-Technische Reichsanstalt . Pada tahun 1925, mereka menerbitkan sebuah makalah (Zwei neue Elemente der Mangangruppe, Chemischer Teil) yang mengaku telah melakukannya, dan menyebut unsur baru Rhenium (75) dan Masurium (43). Hanya penemuan renium yang dikonfirmasi. Mereka tidak dapat mengisolasi unsur 43 dan hasilnya tidak dapat direproduksi. Pilihan mereka dari istilah masurium juga dianggap tidak dapat diterima secara nasionalistik dan mungkin telah memberi kontribusi pada reputasi buruk di kalangan ilmuwan hari ini.

Elemen yang diproduksi secara artifisial 43 secara definitif diisolasi pada tahun 1937 oleh Emilio Segr dan Carlo Perrier dari sepotong buibdenum foil yang dibuang dari siklotron yang telah mengalami pembusukan beta. Itu akhirnya bernama technetium karena sumber buatannya. Tidak ada isotop teknesium yang memiliki waktu paruh lebih lama dari 4,2 juta tahun dan diperkirakan telah hilang di Bumi sebagai unsur alami. Pada tahun 1961 jumlah technetium di pitchblende dihasilkan dari 238 fisi spontan ditemukan oleh BT Kenna dan Paul K. Kuroda.

Berdasarkan penemuan ini, fisikawan Belgia Pieter van Assche membuat analisis data mereka untuk menunjukkan bahwa batas deteksi metode analisis Noddacks bisa saja 1000 kali lebih rendah dari nilai 10 -9 yang dilaporkan di kertas mereka. Untuk menunjukkan Noddacks bisa menjadi yang pertama untuk menemukan jumlah elemen 43 yang terukur, karena bijih yang mereka analisis mengandung uranium. Dengan menggunakan estimasi residu Noddacks dari Van Assche, ilmuwan NIST John T. Armstrong, mensimulasikan spektrum sinar-X asli dengan komputer, dan mengklaim bahwa hasilnya "sangat dekat dengan spektrum yang dipublikasikan!"

Gunter Herrmann dari Universitas Mainz memeriksa argumen van Assche, dan menyimpulkan bahwa mereka dikembangkan secara ad hoc, dan dipaksa untuk mencapai hasil yang telah ditentukan. Menurut Kenna dan Kuroda 99 kandungan teknesium yang diharapkan dalam toples khas (50% uranium) ialah sekitar 10-10 g / kg bijih. F. Habashi menunjukkan bahwa uranium tidak lebih dari 5% pada sampel columbite Noddacks, dan jumlah unsur 43 tidak boleh melebihi 3 10 -11 g / kg bijih. Kuantitas rendah seperti itu tidak dapat ditimbang, atau memberi garis X-ray dari elemen 43 yang dapat dibedakan dari kebisingan latar belakang dengan terang. Satu-satunya cara untuk mendeteksi keberadaannya ialah melakukan pengukuran radioaktif, teknik yang tidak digunakan Noddacks, namun Segr dan Perrier melakukannya.

Mengikuti klaim van Assche dan Armstrong, sebuah penyelidikan dilakukan terhadap karya Masataka Ogawa yang telah mengajukan klaim sebelumnya kepada Noddacks. Pada tahun 1908 ia mengklaim memiliki elemen terisolasi 43, menyebutnya Nipponium. Dengan menggunakan piring asli (bukan simulasi), Kenji Yoshihara memutuskan Ogawa tidak menemukan elemen 5 Grup 7 7 (eka-mangan), namun berhasil memisahkan elemen 6 Grup 7 75 (dvi-mangan) (renium), sebelumnya Noddacks dengan 17 tahun.

Nominasi Nobel

Ida Noddack dinominasikan tiga kali untuk Hadiah Nobel dalam bidang Kimia , sekali oleh Walther Nernst dan KL Wagner untuk tahun 1933; kedua Noddacks dinominasikan oleh WJ M ller untuk tahun 1935 dan oleh A. Skrabal untuk tahun 1937.

Sumber: en.wikipedia.org

Tweet

Comments