Ibu Menyusui Tapi Vegetarian, Bagaimana Cara Memenuhi Nutrisi ASI?

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Ibu Menyusui Tapi Vegetarian, Bagaimana Cara Memenuhi Nutrisi ASI?

Ibu Menyusui Tapi Vegetarian, Bagaimana Cara Memenuhi Nutrisi ASI?

KEPONEWS.COM - Ibu Menyusui Tapi Vegetarian, Bagaimana Cara Memenuhi Nutrisi ASI? MENJADI vegetarian mungkin sudah menjadi pilihan gaya hidup bagi sebagian orang. Hal ini harusnya tidak menghalangi Anda dalam mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Begitu pula ketika Anda menyusui...

MENJADI vegetarian mungkin sudah menjadi pilihan gaya hidup bagi sebagian orang. Hal ini harusnya tidak menghalangi Anda dalam mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Begitu pula ketika Anda menyusui, di mana Anda harus mencukupi nutrisi untuk Anda dan juga bayi Anda.

Namun, menyusui bayi bagi ibu yang vegetarian mungkin bukan hal mudah. Ibu menyusui yang vegetarian harus benar-benar memerhatikan makanan yang dimakan agar nutrisi untuk produksi ASI dan untuk tubuh ibu sendiri terpenuhi dengan baik.

Apakah ibu menyusui yang vegetarian masih bisa menyusui? Tentu. Ibu vegetarian yang sama sekali tidak makan daging atau produk hewani lainnya masih bisa menyusui dan mencukupi kebutuhan nutrisi bayinya melalui ASI. Diet vegetarian sendiri sudah sangat sehat dan penuh dengan nutrisi baik yang diharapkan bayi.

Beberapa vitamin dan mineral yang ditemukan dalam daging dan produk hewani turunannya (seperti telur dan susu) sebagai sumber utama bisa Anda penuhi melalui sumber lain, dari sumber nabati. Kuncinya merupakan Anda mengetahui bagaimana caranya mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan tanpa perlu mengonsumsi daging atau produk hewani lainnya. Sehingga, kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi dan Anda tidak perlu khawatir terhadap kualitas ASI Anda.

Walaupun Anda vegetarian, Anda tetap harus bisa mencukupi kebutuhan nutrisi penting Anda dan bayi. Jangan sampai hal ini dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Mengkonsumsi banyak sekali macam makanan dari sumber nabati merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Berikut ini merupakan hal yang harus Anda perhatikan dalam mengonsumsi makanan sehari-hari:

1. Cukupi kebutuhan kalori dan protein
Ingat, kebanyakan makanan sumber nabati mempunyai kalori yang sedikit, sehingga Anda mungkin perlu makan lebih banyak agar kebutuhan kalori Anda terpenuhi. Anda mungkin perlu mengonsumsi makanan sumber karbohidrat lebih banyak, seperti nasi, kentang, ubi, singkong, jagung, roti, gandum, mie, dan makanan dari tepung lainnya.

Anda juga perlu mencukupi kebutuhan protein. Bagi Anda yang masih mengonsumsi telur dan susu, Anda tidak perlu pusing dengan hal ini. Namun, bagi Anda yang tidak mengonsumsi telur dan susu, Anda perlu mencukupi kebutuhan protein dari sumber lain. Seperti, kacang-kacangan, produk dari kacang, tahu, tempe, susu kedelai, selai kacang, dan masih banyak lainnya.

2. Cukupi kebutuhan vitamin B12
Sumber utama vitamin B12 ialah daging. Tapi, tentu vegetarian tidak bisa mengonsumsinya sehingga perlu makanan pengganti yang mengandung vitamin B12. Beruntungnya, di Indonesia ada tempe yang mengandung vitamin B12, sama seperti daging. Selain tempe, Anda juga bisa mengonsumsi makanan lain yang telah diperkaya dengan vitamin B12.

3. Cukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D
Bagi vegetarian yang tidak mengonsumsi susu, Anda perlu mendapatkan kalsium dari sumber lain. Banyak makanan sumber nabati yang mengandung kalsium, seperti sayuran hijau (bayam, brokoli, kale, asparagus, dan lainnya), jeruk, edamame, kacang almond, tofu, dan masih banyak lagi.

Selain kalsium, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin D yang diharapkan untuk pertumbuhan tulang. Vitamin D bisa Anda dapatkan dari sinar matahari. Namun, jangan terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari karena ini justru dapat membahayakan.

Ibu Menyusui Tapi Vegetarian, Bagaimana Cara Memenuhi Nutrisi ASI?

Comments