Ibu Kota Pindah, Penjualan Apartemen di Balikpapan Naik 300%

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Ibu Kota Pindah, Penjualan Apartemen di Balikpapan Naik 300%

Ibu Kota Pindah, Penjualan Apartemen di Balikpapan Naik 300%

KEPONEWS.COM - Ibu Kota Pindah, Penjualan Apartemen di Balikpapan Naik 300% JAKARTA - PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) melirik peluang ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Semenjak diumumkan soal ibu kota baru, penjualan pro...

JAKARTA - PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) melirik peluang ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Semenjak diumumkan soal ibu kota baru, penjualan properti di sana naik tajam.

Salah satunya, penjualan apartemen Borneo Bay City milik APL di Balikpapan yang laku keras. Peningkatan penjualan tersebut naik usai diumumkannya ibu kota pindah pada pertengahan Agustus 2019.

Ibu Kota Pindah, Proyek Jalan Tol Balikpapan-Penajam Dikaji Ulang

"Penjualan unit apartemen di Borneo Bay City melonjak lebih dari 300% pasca-pengumuman keputusan pemindahan ibu kota RI ke Kalimantan Timur," ujar CEO Borneo Bay City Paul Christian dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (4/11/2019).

lahan

Menurutnya, keputusan pemindahan tersebut telah mendorong para konsumen dari banyak sekali kota di Indonesia dan mancanegara seperti Malaysia, Singapura, dan Australia untuk membeli unitnya. Apalagi, Balikpapan akan menjadi daerah strategis dan tujuan investasi di masa depan.

: Bahas Pemindahan Ibu Kota, Basuki Hadimuljono Diajak Makan Siang Presiden Jokowi

Selain dekat dengan ibu kota negara yang baru, banyaknya proyek strategis di Kalimantan Timur akan menjadikan wilayah ini mempunyai value yang semakin tinggi, termasuk investasi di sektor propertinya," ujar Paul.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim), sebagai lokasi ibu kota baru.

"Pemerintah telah melakukan kajian mendalam selama tiga tahun, lokasi ibu kota baru paling ideal ialah di sebagian Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur," kata Jokowi pada tanggal 26 Agustus 2019.

Ibu Kota Baru Miliki Tol Balikpapan-Samarinda, Panjangnya Nyaris 100 Km

Seperti diberitakan, pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur memicu pula persaingan usaha pengembang di Tanah Air. Hal itu disebabkan, pembukaan lahan bagi ibu kota negara secara otomatis menjadikannya sebagai pusaran ekonomi baru.

Selanjutnya

Comments