Ibu Hamil Kini Boleh Dapat Vaksinasi Covid-19, Ini Persyaratannya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ibu Hamil Kini Boleh Dapat Vaksinasi Covid-19, Ini Persyaratannya

Ibu Hamil Kini Boleh Dapat Vaksinasi Covid-19, Ini Persyaratannya

KEPONEWS.COM - Ibu Hamil Kini Boleh Dapat Vaksinasi Covid-19, Ini Persyaratannya VAKSINASI merupakan salah satu kebutuhan yang paling penting di masa pandemi covid-19. Meski demikian, tidak semua masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi karena kondisi tertentu. Namun belum lama ini a...

VAKSINASI merupakan salah satu kebutuhan yang paling penting di masa pandemi covid-19. Meski demikian, tidak semua masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi karena kondisi tertentu. Namun belum lama ini ada kabar baik, ibu hamil sudah bisa mendapat vaksinasi covid-19.

Meski bisa divaksin, namun ibu hamil perlu menjalani sejumlah rangkaian skrining terlebih dahulu untuk menilai kelayakannya. Alasannya adalah, tidak semua ibu hamil dapat mendapatkan vaksin covid-19. Terdapat beberapa kondisi yang membuat seorang ibu hamil harus ditunda dulu vaksinasinya.

Kemenkes Beri Izin Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

Merangkum dari unggahan akun Instagram @dr.fajriaddai, Rabu (4/8/2021), pakar kesehatan sekaligus dokter relawan covid-19 Muhamad Fajri Adda'i memaparkan beberapa syarat vaksinasi covid-19 pada ibu hamil, sesuai yang tertuang dalam Surat Edaran Kemenkes Nomor HK.02.01/I/2007/2021 per 2 Agustus.

Vaksinasi ibu hamil. (Foto: Shutterstock)

Dalam surat edaran tersebut tertulis bahwa ibu hamil boleh mendapat vaksin covid-19 memakai Moderna, Sinovac, atau Pfizer. Dosis pertama diberikan pada trimester kedua, atau sekira minggu ke-13 atau ke-14 kehamilan.

POGI Imbau Ibu Hamil Tidak Ragu Mendapat Vaksinasi Covid-19

Selain itu ada syarat lain yang harus dipenuhi, di antaranya merupakan tekanan darah maksimal harus Kalau ibu hamil mempunyai riwayat penyakit penyerta (komorbid) seperti jantung, diabetes mellitus, asma, penyakit paru, HIV, hipertiroid, ginjal kronik dan hati, juga bisa divaksin. Dengan catatan bila semua penyakit dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut.

Comments