Ibu Hamil Ikut Mudik! Perhatikan Hal-Hal Penting Ini

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Ibu Hamil Ikut Mudik! Perhatikan Hal-Hal Penting Ini

Ibu Hamil Ikut Mudik! Perhatikan Hal-Hal Penting Ini

KEPONEWS.COM - Ibu Hamil Ikut Mudik! Perhatikan Hal-Hal Penting Ini JAKARTA - Kehamilan membuat para calon ibu mengalami banyak perubahan besar, mulai perubahan suasana hati hingga bentuk tubuh, sehingga harus mendapatkan perhatian ekstra sebelum melakukan perjalanan...

JAKARTA - Kehamilan membuat para calon ibu mengalami banyak perubahan besar, mulai perubahan suasana hati hingga bentuk tubuh, sehingga harus mendapatkan perhatian ekstra sebelum melakukan perjalanan mudik.

Psikolog Anna Surti Ariani menyarankan untuk membuat perjalanan mudik senyaman mungkin lantaran ibu hamil memiliki sejumlah keterbatasan, seperti kerap buang air kecil dan mudah pegal yang akan terjadi adanya perubahan pada tulang punggungnya.

Persiapan awal yang utama merupakan menerima keterbatasan dirinya bahwa sebagai perempuan hamil memang mudah lelah, sedikit-sedikit butuh ke toilet dan tidak bisa bawa barang berat. Kalau ibu hamil sudah menyangkal keterbatasan itu dahulu, akan semakin banyak masalah yang dialami," kata Anna.

Mental juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Apalagi kerap banyak hal tak terduga yang tidak menyenangkan ketika mudik, dari kemacetan hingga jalan yang berlubang. Untuk kenyaman selama perjalanan, Anda bisa membawa bantal hingga makanan favorit.

Selain itu, membaca buku atau membawa benda lainnya bisa membuat ibu hamil tetap nyaman dan mengatasi kebosanan ketika macet atau delay.

"Cari tahu di mana saja lokasi istirahat yang nyaman dalam jalur mudik. Kalau di kereta, istirahatnya mungkin dengan berjalan-jalan di dalam gerbong. Kalau perlu duduk di pinggir sehingga mudah bila ingin ke toilet," ujarnya.

Untuk tetap menjaga mood selama perjalanan mudik, simpan foto kenangan manis Anda dengan suami di gadget. Hal ini dinilai Anna bisa menjaga dan mengembalikan mood ketika terjadi hal yang tidak menyenangkan. Namun, yang paling terpenting dari itu semua ialah mengkonsultasikan kondisi kehamilan ke dokter sebelum mudik.

"Supaya nyaman, kerja sama dengan suami dan keluarga besar untuk meminta pengertian atas keterbatasan ibu hamil," pungkasnya.

Dalam kesempatan terpisah, dr Andi Darma SpOG menjelaskan, pada dasarnya ibu hamil boleh bepergian mudik baik lewat jalur darat, udara dan laut. Trimester kedua merupakan waktu terbaik bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan mudik.

Wanita hamil sangat dianjurkan tidak pergi ketika menjelang kelahiran. Biasanya pada usia 36 minggu ke atas, terang dr Andi, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, kata dr Andi mengatakan, bila ibu hamil terpaksa pergi lewat jalur darat, harus banyak-banyak istirahat di sepanjang perjalanan. Sebaiknya jangan memilih mudik dengan bus umum karena akan mengganggu kenyamanan. Istirahat yang disarankan setiap dua sampai tiga jam, masing-masing 30 menit, sarannya.

Ibu Hamil Ikut Mudik! Perhatikan Hal-Hal Penting Ini

Comments