Ibu di Mali Memecahkan Rekor Melahirkan 9 Bayi, Lima Bayi Perempuan dan Empat Laki-laki dengan Selamat

Unik

Ragam / Unik

Ibu di Mali Memecahkan Rekor Melahirkan 9 Bayi, Lima Bayi Perempuan dan Empat Laki-laki dengan Selamat

Ibu di Mali Memecahkan Rekor Melahirkan 9 Bayi, Lima Bayi Perempuan dan Empat Laki-laki dengan Selamat

KEPONEWS.COM - Ibu di Mali Memecahkan Rekor Melahirkan 9 Bayi, Lima Bayi Perempuan dan Empat Laki-laki dengan Selamat Rekaman luar biasa dari dalam unit bersalin di Maroko telah merekam kelahiran 9 bayi dari seorang ibu tunggal yang menakjubkan saat bayi yang baru lahir prematur mengalahkan peluang kematian Dokte...

Rekaman luar biasa dari dalam unit bersalin di Maroko telah merekam kelahiran 9 bayi dari seorang ibu tunggal yang menakjubkan saat bayi yang baru lahir prematur mengalahkan peluang kematian

Dokter mengungkapkan bagaimana ibu tersebut melahirkan lima anak perempuan dan empat anak laki-laki pada hari Selasa (4/5), dan telah mengkonfirmasi bahwa kesembilan bayi yang baru lahir dan ibu mereka Halima Cisse, dari Timbuktu di Mali, saat ini dalam keadaan baik-baik saja .

Cisse, 25 tahun, berharap akan melahirkan tujuh bayi setelah pemindaian ultrasound di Mali dan Maroko, tetapi petugas medis terkejut menemukan dua bayi lagi ketika mereka melakukan operasi caesar pada hari Selasa (4/5).

ibu yang suaminya tetap di Mali itu akan kembali ke rumah dalam beberapa minggu dengan dokter Fanta Siby yang hari itu menginformasikan bahwa dia baik-baik saja setelah pendarahan hebat dan transfusi darah.

Sang ibu telah menghabiskan dua minggu di rumah sakit ibu kota Mali, Bamako, sebelum diterbangkan ke Maroko pada bulan Maret untuk perawatan spesialis. Dia melahirkan secara prematur pada usia kehamilan 30 minggu.

Kelahiran sembilan bayi yang seperti pada Cisse merupakan kasus ketiga yang tercatat dari fenomena yang sangat langka, dengan kasus sebelumnya ibu di Australia dan Malaysia yang sedih kehilangan bayi mereka tidak lama setelah melahirkan.

Jikalau kesembilan bayi tersebut selamat, kelahirannya akan memecahkan rekor dunia saat ini setelah Nadya Suleman pada tahun 2009, yang melahirkan delapan bayi dengan selamat.

Video yang dibagikan oleh klinik swasta Ain Borja di Casablanca, Marokok, menunjukkan bagaimana dokter dan perawat bekerja keras untuk memastikan kesembilan bayi terlahir dengan selamat dan hidup.

Cisse yang hamil besar dikatakan tiba di Maroko dengan pesawat, di mana dia didorong di kursi roda melintasi landasan. Setelah itu, dokter memaparkan prosedur yang rumit.

Bayi-bayi itu lahir sekitar 30 minggu sebelum perkiraan kehamilan Cisse, kata Dokter Yazid Mourad, seraya menambahkan bahwa upaya dilakukan untuk memperlambat persalinan selama lima minggu lagi agar meningkatkan peluang bertahan hidup yang lebih baik.

Dia akan mempunyai tujuh bayi secara normal. [..] Pada 25 minggu ( 6 bulan), dia telah berada di sini selama lima minggu, kami juga telah mencoba segalanya [..] jadi kami berhasil mendapatkan tambahan lima minggu dengan perawatan-perawatan yang sesuai, kata Dr Mourad.

Dr. Mourad mengatakan bahwa dia memperkirakan peluang bayi untuk bertahan hidup meningkat menjadi sekitar 80 persen bila mereka lahir sekitar 30 minggu, dan jikalau mereka diberi perawatan yang tepat.

Saya tidak dapat membayangkan kesembilan bayi itu akan bertahan dalam 25 minggu karena mereka mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan bayi normal- itulah sebabnya kami harus mengulur waktu, katanya.

Dari dalam ruang operasi, rekaman menunjukkan dokter bersiap untuk operasi dan mengenakan APD saat petugas kesehatan lainnya yang panik juga bersiap di sekitarnya.

Dokter bedah kemudian ditampilkan mengoperasi isse, berhasil mengeluarkan bayi kecil dari perutnya dan menyerahkannya kepada perawat pasca melahirkan di ruangan,

Untuk beberapa bayi, petugas kesehatan terlihat memberikan oksigen sebelum menempatkan mereka di inkubator.

Suami Cissse, Adjudant Kader Arby yang masih berada di Mali bersama putri tertua pasangan itu mengatakan kepada BBC bahwa dia tidak mengkhawatirkan akan masa depan anak-anaknya yang baru lahir.

Tuhan memberi kami anak-anak ini. Dialah yang memutuskan apa yang akan terjadi pada mereka. Saya tidak khawatir perihal itu. Ketika Yang Maha Kuasa melakukan sesuatu, Dia mempunyai alasan tersendiri, katanya.

Semua orang menelepon saya! Semua orang benar-benar menelepon! Mereka ikut mengungkapkan kegembiraan mereka. Saya berterima kasih kepada mereka Bahkan presiden juga menelepon saya.

Rincian perihal kehamilan Cisse masih belum jelas, tetapi kelahiran ganda biasanya merupakan hasil dari IVF.

Dalam kasus ini, banyak sel telur yang telah dibuahi secara bersamaan ditanamkan ke dalam rahim wanita untuk meningkatkan kemungkinan dia hamil.

Dalam kasus yang jarang terjadi, beberapa embrio akan berkembang menjadi bayi, menjadikan kasus ekstrim kelahiran kembar yang hampir tidak pernah terjadi secara alami ini menjadi nyata

Menurut Mali 24, dokter di negara miskin itu memperkirakan bahwa kurang dari 50 persen kemungkinan satu dari sembilan janin akan bertahan hidup.

Cisse menghabiskan dua minggu di Rumah Sakit Point G di Bamako, ibu kota Mali, sebelum dia dipindahkan ke Maroko berkat intervensi dari Presiden Transisi Mali Bah N Daw.

Dia dirawat di klinik swasta Ain Borja di Casablanca, Maroko, pada 20 Maret, dan menghabiskan lebih dari enam minggu di rumah sakit itu sebelum dilaporkan melahirkan pada Selasa (4/5).

Kementerian kesehatan Mali mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Cisse telah melahirkan lima anak perempuan dan empat anak laki-laki melalui operasi caesar, dan pihak Ain Borja kemudian mengkonfirmasi kepada Associated Press bahwa dia telah melahirkan di sana.

Bayi yang baru lahir (lima perempuan dan empat laki-laki) dan ibunya semuanya baik-baik saja, kata Fanta Siby, Meneri Kesehatan Mali.

Menteri menambahkan bahwa dia telah diberi tahu oleh seorang dokter Mali yang menemani Cisse ke Maroko.

Keluarga baru akan kembali ke rumah dalam waktu beberapa minggu, tambahnya.

Siby mengucapkan selamat kepada tim medis Mali dan Maroko, yang profesionalismenya merupakan asal muasal hasil bahagia dari kehamilan ini .

Kehamilan tersebut menarik perhatian nasional di Mali, banyak sekali organisasi bekerja sama untuk memastikan bahwa Cisse dan bayinya yang diharapkan mendapatkan perawatan medis yang diharapkan.

Kasus wanita yang berhasil melahirkan kembar 7 hingga cukup bulan jarang terjadi dan kembar 9 bahkan lebih jarang lagi karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan bayi.

Kehamilan Cisse menjadi kasus kembar 9 ketiga yang dilaporkan dalam sejarah, dengan dua kasus lainnya terjadi di Sydney dan Malaysia. Dalam kedua kasus tersebut bahkan tidak ada bayi yang selamat.
.
Komplikasi medis pada kelahiran ganda semacam ini sering kali menyebabkan beberapa bayi tidak mencapai usia penuh.

Kasus kembar 9 pertama yang tercatat terjadi di Sydney pada 1970-an, meskipun sayangnya tidak ada bayi yang selamat, menurut The Independent.

Pada bulan Maret 1999, 9 bayi juga lahir di Malaysia dari seorang wanita bernama Zurina Mat Saad, meskipun juga tidak satupun dari mereka yang bertahan lebih dari enam jam.

Pada Januari 2009, Nadya Suleman dijuluki Octomum karena melahirkan bayi kembar delapan, enam laki-laki dan dua perempuan di sebuah rumah sakit di California.

Semua bayi selamat dari kelahiran tersebut, dan baru-baru ini merayakan ulang tahun ke-12 mereka.

Bayi-bayi tersebut merupakan hasil dari prosedur IVF, dan lahir prematur sembilan minggu ketika mereka dilahirkan melalui operasi caesar.

Sampai hari ini, kembar delapan masih satu-satunya delapan bayi yang lahir dengan selamat di Amerika Serikat setelah satu minggu setelah kelahiran mereka berhasil melampaui tingkat kelangsungan hidup yang jarang sekali terjadi

Sebelum memecahkan rekor kelahiran, Suleman sudah mempunyai enam anak, yang juga dikandung melalui perawatan bayi tabung.

Dokter yang menanamkan dua belas embrio di rahim Suleman, telah dicabut lisensinya pada tahun 2011 setelah dakwaan diajukan terhadapnya terkait hubungannya dengan konsepsi gurita itu.

Dalam kasus yang lebih baru, seorang wanita di Texas melahirkan kembar 6 4 anak laki-laki dan 2 perempuan pada tahun 2019. (lidya/yn)

Sumber: dailymail

Video Rekomendasi:

Comments