HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Bisa Yuk Merdeka Finansial dengan 6 Langkah Ini!

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Bisa Yuk Merdeka Finansial dengan 6 Langkah Ini!

HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Bisa Yuk Merdeka Finansial dengan 6 Langkah Ini!

KEPONEWS.COM - HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Bisa Yuk Merdeka Finansial dengan 6 Langkah Ini! Di momen Hari Ulang Tahun Indonesia atau HUT Kemerdekaan RI ke-77, penting juga anak muda memahami merdeka finansial atau financial freedom, yang hanya bisa dicapai dengan cara mengelola keuangan agar...

Di momen Hari Ulang Tahun Indonesia atau HUT Kemerdekaan RI ke-77, penting juga anak muda memahami merdeka finansial atau financial freedom, yang hanya bisa dicapai dengan cara mengelola keuangan agar tidak boros.

Adapun tanda seseorang belum merdeka finansial terlihat dari ketakutan saat menghadapi hari-hari yang tidak pasti, khawatir tidak meraih masa depan, pendidikan anak, dana pensiun dan sebagainya.

Itulah kenapa menurut Co-Founder MiPOWER by Sequis and Registered Financial Planner, Edwin Limanta setiap orang wajib menata keuangan sedini mungkin, agar bisa mengamankan masa depan.

Ilustrasi anak muda merdeka finansial. (pexels.com/George Pak)Ilustrasi anak muda merdeka finansial. (pexels.com/George Pak)

"Bahwa merdeka finansial bukan berarti mempunyai banyak harta dan aset melainkan bisa memenuhi kebutuhan hidup yang layak dan bebas dari utang," ujar Edwin melalui keterangan yang diterima Suara, Selasa (16/8/2022).

Joe Biden Kirim Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan RI Ke-77 Pada Presiden Jokowi

Berikut ini cara mencapai financial freedom atau langkah merdeka finansial menurut Edwin yang bisa dipraktikan di keseharian.

1. Patuhi Anggaran yang Dibuat

Seberapapun penghasilan, jikalau pengeluaran tidak dianggarkan dengan baik maka tidak akan cukup dan akan habis. Untuk itu, buatlah rencana anggaran setiap bulan untuk pengeluaran, dana darurat, dan persiapan masa depan, adalah tabungan, investasi serta asuransi.

Bila penghasilan diperoleh dalam jumlah tetap dan pada periode yang sama setiap bulan, maka buatlah rencana anggaran jangka panjang.

"Ada banyak manfaat melakukan manajemen anggaran, adalah menjaga arus kas, mengamankan aset masa depan, melatih membatasi dari keinginan berutang, membantu mengevaluasi kondisi keuangan sehingga kita dapat mengetahui apakah pemasukan sudah seimbang dengan pengeluaran atau masih perlu penyesuaian. Melakukan manajemen anggaran juga dapat menjadi penyemangat bagi milenial yang giat memaksimalkan kenaikan aset, ungkap Edwin.

Presiden AS Joe Biden: Selamat HUT Kemerdekaan untuk Jokowi dan Rakyat Indonesia

2. Batasi Utang Konsumtif

Comments