Humanoid, Robot Mirip Manusia yang Dicetuskan Leonardo da Vinci

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Humanoid, Robot Mirip Manusia yang Dicetuskan Leonardo da Vinci

Humanoid, Robot Mirip Manusia yang Dicetuskan Leonardo da Vinci

KEPONEWS.COM - Humanoid, Robot Mirip Manusia yang Dicetuskan Leonardo da Vinci JAKARTA - Pernahkah Anda mendengar nama pelukis Monalisa yakni Leonardo da Vinci? Rupanya, da Vinci tak hanya jenius dalam melukis. Dia ialah orang yang mencetuskan robot mirip manusia atau yang serin...


JAKARTA - Pernahkah Anda mendengar nama pelukis Monalisa yakni Leonardo da Vinci? Rupanya, da Vinci tak hanya jenius dalam melukis. Dia ialah orang yang mencetuskan robot mirip manusia atau yang sering disebut humanoid.

Secara umum, robot humanoid memiliki tubuh layaknya manusia dengan kepala, dua lengan, dan dua kaki meskipun beberapa bentuk robot humanoid hanya memodelkan sebagian bagian tubuh. Beberapa robot humanoid juga memiliki kepala yang meniru fitur wajah manusia seperti mata dan verbal.

BERITA REKOMENDASI

Menilik dari sejarahnya seperti dilansir dari howwegettonext, konsep Humanoid dicetuskan oleh Leonardo da Vinci pada 1495. Ia membuat humanoid dari besi yang dapat berjalan layaknya manusia. Sayangnya, proyek itu tidak berjalan lancar.

Pada 1774, pembuat jam Swiss Pierre Jacquet-Droz, membuat tiga robot autoamata yang bisa mengejutkan penonton ketika dinyalakan.

Masuk ke abad 20, tepatnya pada 1970. WABOT-1 merupakan robot antropomorfik pertama yang dikontrol secara digital. Ia dibangun pada 1970 di Universitas Waseda di Tokyo.

Pada 2000, Honda mencetak sejarah dengan mengembangkan robot bernama Asimo. Robot ini bisa mengenali obyek, gerak tubuh, suara, dan wajah. Dengan teknologi Honda, Asimo dapat berinteraksi dengan manusia. Tak hanya itu, Asimo juga menjadi tonggak dalam pengembangan robot humanoid.

Humanoid, Robot Mirip Manusia yang Dicetuskan Leonardo da Vinci
Loading...

Comments