Huawei Sudah Lama Kembangkan Sistem Operasi, Bakal Jadi Rival Android?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Huawei Sudah Lama Kembangkan Sistem Operasi, Bakal Jadi Rival Android?

Huawei Sudah Lama Kembangkan Sistem Operasi, Bakal Jadi Rival Android?

KEPONEWS.COM - Huawei Sudah Lama Kembangkan Sistem Operasi, Bakal Jadi Rival Android? JAKARTA- Huawei dikabarkan telah menyiapkan sistem operasinya sendiri. Hal tersebut terkuak setelah Pemerintah AS menempatkan Huawei pada salah satu daftar hitam perdagangan AS. Oleh karena itu, Googl...
Loading...

JAKARTA- Huawei dikabarkan telah menyiapkan sistem operasinya sendiri. Hal tersebut terkuak setelah Pemerintah AS menempatkan Huawei pada salah satu daftar hitam perdagangan AS. Oleh karena itu, Google pun menuruti kebijakan Pemerintah dan melepas lisensi Android pada smartphone Huawei.

Dilansir dari laman SCMP, Rabu (12/6/2019) pengembangan sistem operasi miliki Huawei yang dijuluki Oak OS atau Hongmeng OS ini kabarnya sudah lama dikembangkan oleh Huawei. Tepatnya, tujuh tahun lalu di sebuah vila yang menghadap ke sebuah danau di Shenzhen, sekelompok kecil eksekutif Huawei Technologies terkemuka yang dipimpin oleh sang pendiri Ren Zhengfei mengadakan pertemuan tertutup yang berlangsung selama beberapa hari.

Huawei sudah lama kembangkan sistem operasinya sendiri

Soal Perang Dagang AS, China Peringatkan Microsoft Hingga Samsung

Misi mereka merupakan untuk bertukar pikiran perihal bagaimana Huawei harus menanggapi meningkatnya keberhasilan sistem operasi smartphone Android Google di seluruh dunia. Huawei juga sudah merasa khawatir atas ketergantungannya pada sistem Android dan bagaimana bila perusahaan menghadapi larangan AS di masa depan, seperti yang terjadi sekarang ini.

Lebih lanjut, para pejabat Huawei tersebut sepakat bahwa Huawei harus membangun sistem operasi miliknya sebagai alternatif potensial untuk Android. Pertemuan ini kemudian dijuluki "pembicaraan tepi danau" secara internal dan akses ke dokumen yang berkaitan dengan pertemuan itu menjadi sangat terbatas tahun lalu, menurut sumber yang tak ingin disebutkan identitasnya.

Setelah pembicaraan dan arahan dari manajemen senior, tim spesialis sistem operasi yang dipimpin oleh eksekutif termasuk Eric Xu Zhijun. Projek pengembangan sistem operasi ini memang tertutup dan hanya karyawan yang bekerja pada sistem operasi ini yang mengetahui rencana tersebut.

Proyek pengembangan sistem operasi menjadi bagian penting dari Huawei 2012 Laboratories, yang berfungsi sebagai inovasi, penelitian dan lengan pengembangan teknologi perusahaan.

Sebagian besar hasil laboratorium tidak disebarkan secara umum, termasuk proyek sistem operasi yang keberadaannya baru-baru ini diakui oleh Huawei. Namun, zaman telah berubah semenjak 2012 ketika sekelompok kecil merek internasional mendominasi pasar ponsel cerdas dan Huawei mempunyai kurang dari 5 persen pangsa pasar global.

Saat ini, Huawei menjadi smartphone terbesar kedua setelah Samsung di dunia. Huawei berhasil mengapalkan total 206 juta smartphone pada tahun 2018, menurut data IDC. Huawei menilai ulang tujuan untuk menjadi vendor ponsel pintar terlaris di dunia.

Google Melobi AS untuk Berbaikan dengan Huawei

Loading...
Loading...

Comments