[How-To] 7 Tips Praktis Vlogging Menggunakan Samsung Galaxy A-Series

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

[How-To] 7 Tips Praktis Vlogging Menggunakan Samsung Galaxy A-Series

[How-To] 7 Tips Praktis Vlogging Menggunakan Samsung Galaxy A-Series

KEPONEWS.COM - [How-To] 7 Tips Praktis Vlogging Menggunakan Samsung Galaxy A-Series Seiring dengan perkembangan platform video seperti YouTube, komunikasi visual dalam format vlog menjadi salah satu konten yang semakin diminati. Lewat vlog, semua orang bisa membagikan hobi, curhatan,...

Seiring dengan perkembangan platform video seperti YouTube, komunikasi visual dalam format vlog menjadi salah satu konten yang semakin diminati. Lewat vlog, semua orang bisa membagikan hobi, curhatan, atau banyak sekali keseruan lainnya kepada penonton di seluruh dunia.

Karena itu, tidak heran jikalau nantinya akan ada lebih banyak orang yang ingin mencoba vlogging. Untuk Kamu para pemula, kami punya beberapa tips agar vlog buatan Kamu bisa terlihat menarik dan disukai. Penasaran? Yuk, simak poin-poin di bawah ini:

1. Maksimalkan penampilan dan pilihan lokasi

Sebelum memulai vlogging, siapkan dulu penampilan Kamu agar terlihat menarik di depan kamera, baik dalam hal pakaian, kerapian, atau make up jikalau diharapkan. Selain itu, pastikan Kamu memilih lokasi yang ideal dan sesuai dengan tema vlog Kamu.

2. Kenali kemampuan kamera yang digunakan

[How-To] 7 Tips Praktis Vlogging Menggunakan Samsung Galaxy A-Series 14

Kualitas pencahayaan punya peran penting untuk mendapatkan hasil rekaman yang bagus. Kenali kemampuan kamera yang digunakan. Misalnya, pada beberapa smartphone Samsung Galaxy A Series, ada fasilitas Live Focus Video. Dengan fasilitas ini aktif, kamu bisa membuat latar di belakang terlihat kabur. Ini akan efektif saat kamu ingin agar penonton terpusat perhatiannya pada subyek utama, atau saat merekam video dengan latar yang berantakan seperti orang lalu lalang atau setting yang kurang rapi.

Perhatikan juga pencahayaan. Usahakan tidak nge-vlog dengan menantang arah datangnya cahaya matahari. Untuk vlogging di dalam ruangan yang temaram atau di malam hari, Kamu bisa menambahkan LED lighting kecil untuk bantuan cahaya. Lighting untuk vlogging ini bisa dengan mudah Kamu temukan di toko online dengan harga cukup terjangkau.

3. Shot in Frame

Selama melakukan vlogging pastikan Kamu atau objek lainnya yang ingin Kamu tampilkan berada dalam frame. Tapi jangan juga terlalu dekat dengan kamera. Hindari pergerakan kamera yang terlalu ekstrem karena bisa membuat penonton pusing melihatnya.

Kalau merekam dengan kamera belakang ponsel seperti Galaxy A80, kamu bisa mengaktifkan Super Steady Shot untuk membuat hasil rekaman stabil walaupun kamu bergerak. Selain lebih nyaman dilihat, hasil video juga terlihat lebih profesional.

4. Pastikan suara Kamu terekam dengan baik

[How-To] 7 Tips Praktis Vlogging Menggunakan Samsung Galaxy A-Series 15

Untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih bagus, Kamu bisa menambahkan microphone eksternal. Pilih mic yang bisa menangkap sumber suara dengan jernih bahkan saat Kamu berada di keramaian. Dengan begitu, suara Kamu akan tetap terdengar jelas. Yang tidak kalah penting jaga nada berbicara Kamu. Jangan terlalu keras dan jangan juga terlalu kecil. Kalau kondisi mengharuskan Kamu berbisik, dekatkan mic.

5. Mulai konten dengan sesuatu yang menarik

[How-To] 7 Tips Praktis Vlogging Menggunakan Samsung Galaxy A-Series 16

See also

Berminat Membeli Realme 5 Pro? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya 13

10 detik pertama merupakan momen yang paling krusial untuk menentukan apakah seseorang akan menonton vlog buatan Kamu atau tidak. Karena itu, Kamu wajib memulai konten vlog dengan sesuatu yang menarik. Kalau sedari awal vlog Kamu sudah langsung terlihat seru, besar kemungkinan orang-orang akan melanjutkan menontonnya sampai habis.

6. Belajar untuk lebih interaktif

Vlogging bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk belajar berkomunikasi. Teruslah berusaha untuk lebih interaktif selama membawakan vlog Kamu. Sajikan perbincangan yang menarik terkait dengan tema vlog dan selalu tambahkan energi di momen-momen yang tepat. Jangan terlalu sering diam atau kehabisan bahan karena akan membuat vlog terasa membosankan.

7. Konsisten

Tidak ada cara yang mudah untuk menjadi seorang vlogger terkenal. Yang harus Kamu garisbawahi, ini bukan cuma soal kualitas. Konsistensi merupakan kunci yang paling utama. Selalu jaga frekuensi upload vlog terbaru Kamu, misalnya seminggu dua kali atau paling minimal seminggu satu kali.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Kamu terapkan ketika memulai vlogging. Lakukan latihan secara rajin, dan ingat, jangan jadikan keterbatasan alat sebagai penghalang. Kalau belum punya kamera yang bagus, tidak ada salahnya memanfaatkan smartphone yang Kamu miliki saat ini.

Comments