Hotel Kapsul Bermunculan di Kota Besar Indonesia, Ini Salah Satu Pemicunya

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Hotel Kapsul Bermunculan di Kota Besar Indonesia, Ini Salah Satu Pemicunya

Hotel Kapsul Bermunculan di Kota Besar Indonesia, Ini Salah Satu Pemicunya

KEPONEWS.COM - Hotel Kapsul Bermunculan di Kota Besar Indonesia, Ini Salah Satu Pemicunya Tempat penginapan dengan konsep hotel bujet di banyak sekali kota besar di Indonesia setahun belakangan ini bermunculan. Hotel berfasilitas standar bertarif murah itu akrab disebut hotel kapsul. Peran...

Tempat penginapan dengan konsep hotel bujet di banyak sekali kota besar di Indonesia setahun belakangan ini bermunculan. Hotel berfasilitas standar bertarif murah itu akrab disebut hotel kapsul. Perang tarif hotel berbintang disebut pemicu kemunculannya.

Umumnya hotel kapsul berisi kamar-kamar berisi kasur ukuran satu atau untuk dua orang. Penempatan kasur ada yang berupa ranjang bertumpuk dua atau kamarnya yang ditumpuk. Adapun barang seperti meja, kursi, televisi, termasuk kamar mandi dan toilet, ditempatkan di luar kamar. Fasilitas semacam itu biasanya ditempatkan di ruang komunal untuk digunakan bersama.

Di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, dan beberapa kota besar lain, hotel kapsul bermunculan walau jumlahnya belum terhitung banyak. Sasaran konsumen umumnya menyasar kalangan pelancong domestik maupun asing atau backpacker yang mencari akomodasi murah namun masih memberikan kenyamanan.

Antonius Bong, Managing partner Bobobox di Bandung mengatakan, fenomena hotel kapsul mulai banyak bermunculan di beberapa kota di Asia. Bobobox ikut meramaikan penginapan baru di Bandung berkonsep hotel bujet setelah peluncuran Jumat, 27 Juli 2018.

Salah satu penyebab munculnya hotel kapsul, kata Antonius, karena kompetisi hotel bintang tiga dan empat yang ketat sehingga menimbulkan perang harga. Penawaran yang banyak sementara permintaan kurang akhirnya membuat kerugian. Kita melihat peluang untuk menunjukkan penginapan yang lebih baik dan efisien, dan pemasukan tetap sehat, katanya.

Arsitek Yu Sing mengatakan, fenomena hotel kapsul bermunculan seperti di Singapura dan Thailand yang tarifnya tergolong murah. Sekasur bisa kurang dari Rp 100 ribu, katanya pada Rabu, 25 Juli 2018. Dari sudut pandang arsitektur dia melihat, lahan dan bangunan yang digunakan juga jadi hemat. Lebih bagus lagi kalau lahan disisakan untuk pepohonan agar penghuninya kian nyaman. Pada beberapa kota yang harga lahannya mahal, hotel kapsul menjadi siasat baru bagi usaha penginapan.

Penulis TEMPO

Editor Suyanto Soemohardjo

Hotel Kapsul Bermunculan di Kota Besar Indonesia, Ini Salah Satu Pemicunya

Comments