Hobi Makan Salmon Mentah? Baca Dulu yang Satu ini

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Hobi Makan Salmon Mentah? Baca Dulu yang Satu ini

Hobi Makan Salmon Mentah? Baca Dulu yang Satu ini

KEPONEWS.COM - Hobi Makan Salmon Mentah? Baca Dulu yang Satu ini Jum'at, 13 Januari 2017 | 13:00 WIBIkan salmon. kineticsnj.comJakarta -Cacing pita Jepang (Diphyllobothrium nihonkaiense) telah ditemukan dalam tubuh ikan salmon dari Alaska. Para pimpinan peneliti me...

Jum'at, 13 Januari 2017 | 13:00 WIB

Ikan salmon. kineticsnj.com

Jakarta -Cacing pita Jepang (Diphyllobothrium nihonkaiense) telah ditemukan dalam tubuh ikan salmon dari Alaska. Para pimpinan peneliti meyakini bahwa salmon yang berasal dari Teluk Amerika dan Asia-Pasifik dapat berpotensi berbahaya bagi insan yang memakan ikan mentah. Penemuan terbaru ini akan muncul dalamJurnal Emerging Infectious Diseasesedisi Februari 2017, yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat.

Para peneliti mengatakan cacing pita pertama kali dikenal sebagai parasit insan pada 1986. Awalnya diduga hanya menginfeksi ikan di Asia. Salmon mentah yang terinfeksi cacing pita berjenischum,masu,pink, dansockeyedapat mempengaruhi insan yang memakannya, demikian pernyataan situsAlaska Dispatch News.

Parasit ini muncul kembali karena impor global dan meningkatnya ketenaran memakan ikan mentah, demikian pernyataan penelitian itu. Sekitar 2.000 kasus telah dilaporkan, sebagian besar dari sebelah timur laut Asia. Ikan salmon asal Alaska telah membawa sejumlah cacing pita. Makhluk dengan siklus hidup yang kompleks awalnya menjangkiti burung-burung, selanjutnya telur-telur cacing pita keluar bersama kotoran mamalia ke dalam perairan.

Rekanan peneliti Jayde Ferguson, ahli patologi ikan di Departemen Fish and Game AS, mengatakan awalnya mereka membantu para peneliti dari Yayasan Peneliti Ceko melakukan penelitian wacana parasit laut. Kedua belah pihak memeriksa 64 salmon Alaska yang ditangkaptermasuk 31 jenissockeye, 23pink, 8 rainbow trout, serta masing-masing 1 ekorking salmondancoho salmon.

Hasilnya, sejumlah cacing pita ditemukan, termasuk satu larva yang diambil dari salmonpinkyang ditangkap di area Resurrection Creek yang 99 persen cocok dengan cacing pita Jepang berdasarkan basis data genetis.

Karena salmon dari Pasifik sering kali diekspor dalam keadaan tidak beku (unfrozen) sehingga larva cacing pita Jepang dapat bertahan hidup dan menyebabkan infeksi terhadap insan di wilayah-wilayah yang bukan endemik, mirip Cina, Eropa, Selandia Baru, serta AS wilayah tengah dan timur.

Lembaga Pemasaran Makanan Laut Alaska menyatakan Alaska menyumbang sekitar 90 persen salmon Pasifik yang dipanen secara komersial AS, tapi hanya sekitar 6 persen ikan itu dikirim dalam keadaan segar. Sebagian besarnya dibekukan atau dikalengkan sebelum diekspor.

TIME | HOTMA SIREGAR

Hobi Makan Salmon Mentah? Baca Dulu yang Satu ini

Comments