HISTORIPEDIA: Kongres AS Sepakat Gunakan Lambang Resmi Negeri Paman Sam

Internasional

News / Internasional

HISTORIPEDIA: Kongres AS Sepakat Gunakan Lambang Resmi Negeri Paman Sam

SEPERTI Indonesia, Amerika Serikat (AS) juga memiliki lambang resmi. Namun Negeri Paman Sam menggunakan lambang resmi ini sebagai segel untuk banyak sekali dokumen yang dikeluarkan oleh Pemerintah AS.

Sejarah mencatat pada hari ini di 1782 menjadi waktu ketika Kongres AS mulai mengadopsi penggunaan segel berlambang elang botak itu. Sebagaimana dikutip dari History, Selasa (20/6/2017) bagian depan lambang resmi itu memperlihatkan elang yang mencengkeram ranting tanaman zaitun di cakar kanannya dan panah di cakar kirinya.

BERITA REKOMENDASI

Pada paruh elang tersebut terdapat pitabertuliskan, E pluribius unum, yang bermakna Dari banyak, satu. Di atas kepala elang tersebut ada cahaya berwarna emas yang dikelilingi 13 bintang.

Ketika dibawa di depan para anggota Kongres AS, Charles Thomas selaku pembuatnya menjelaskan banyak sekali elemen yang ada di dalam lambang resmi tersebut. Thomas mengklaim, bagian bawah perisai melambangkan 13 negara bagian yang bersatu untuk mendukung palang biru di atasnya yang menjadi representasi sang kepala negara.

Warna merah serta putih yang bergantian digunakan dalam perisai sama dengan yang ada di bendera dan disebut sebagai representasi antara kepolosan dan keberanian. Tambahan warna biru yang ada di atas bermakna kewaspadaan, ketekunan dan keadilan.

Cakar elang, kata Thomas, memegang simbol dari kekuatan Kongres yang dapat membuat perdamaian dan perang. Kedua hal ini direpresentasikan dengan lambang panah dan ranting zaitun. Bagian depan yang terakhir ia jelaskan merupakan gambar konstelasi bintang yang menunjukkan sebuah negara baru yang mengambil alih posisi serta kedudukannya di antara kekuasaan berdaulat lainnya. Hal ini dimaknai sebagai terbentuknya pemerintah federal AS.

Selain lambang di bagian depan, Thomas juga membuat lambang di bagian belakang dengan unsur freemason yaitu piramida. Menurut Thomas, piramida itu menjadi representasi dari kekuatan dan durasi. Piramida itu sengaja dibuat tak rampung karena melambangkan terbentuknya negara baru.

Terdapat mata melayang di atas piramida itu yang berada di dalam segitiga yang disebut dikelilingi oleh lambang kejayaan. Di bawah piramida itu terdapat angka 1776 dalam angka romawi yang menjadi peringatan tahun kemerdekaan AS.

Terakhir, di lambang tersebut terdapat dua moto dalam bahasa latin. Pertama merupakan Annuit coeptis yang berarti takdir menyetujui upaya kami. Kedua merupakan Novus Ordo Seclorum yang bermakna sebuah tatanan segala zaman.

HISTORIPEDIA: Kongres AS Sepakat Gunakan Lambang Resmi Negeri Paman Sam

Comments