Hindari Obat Sirup, Dokter Ungkap Tips Agar Anak Mau Minum Obat Tablet dan Kapsul

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Hindari Obat Sirup, Dokter Ungkap Tips Agar Anak Mau Minum Obat Tablet dan Kapsul

Hindari Obat Sirup, Dokter Ungkap Tips Agar Anak Mau Minum Obat Tablet dan Kapsul

KEPONEWS.COM - Hindari Obat Sirup, Dokter Ungkap Tips Agar Anak Mau Minum Obat Tablet dan Kapsul Mengonsumsi obat dalam bentuk pil, tablet, maupun kapsul bukanlah hal mudah bagi anak. Hal ini karena biasanya anak-anak akan memilih mengonsumsi obat dalam bentuk cair atau obat sirup. Larangan peng...

Mengonsumsi obat dalam bentuk pil, tablet, maupun kapsul bukanlah hal mudah bagi anak. Hal ini karena biasanya anak-anak akan memilih mengonsumsi obat dalam bentuk cair atau obat sirup.

Larangan penggunaan obat sirup terkait sangkaan penyebab gangguan ginjal akut misterius, para orang tua diminta untuk tidak memberikannya dulu. Sebagai gantinya, anak dapat diberikan obat dalam bentuk pil, tablet, maupun kapsul.

Dokter Spesialis Anak, Dr. Robert Soetandio, SpA, M.Si.Med mengatakan, pada dasarnya anak yang berusia 5-10 tahun sudah dapat mengonsumsi obat pil, tablet, atau kapsul. Namun, kemampuan anak menelan obat-obat tersebut juga harus dilatih agar terbiasa.

Ilustrasi panduan minum obat saat puasa. (Foto oleh Pietro Jeng dari Pexels)Ilustrasi minum obat kapsul. (Foto oleh Pietro Jeng dari Pexels)

Usia di mana seorang anak dapat menelan pil, dapat berbeda atau bervariasi dari satu anak ke anak lainnya. Sebagian besar usia sekitar 5 sampai 10 tahun anak siap untuk mempelajari hal-hal baru, sehingga orang tua dapat coba mengajarkan keterampilan baru ini kepada anak, jelas Dokter Robert saat dihubungi Suara, Selasa (25/10/2022).

Kabar Baik! Obat Sirup Setop Dijual, Menkes Sebut Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius Anak Menurun Drastis

Mengajarkan anak untuk menelan obat pil, kapsul, atau tablet juga tidak mudah. Namun, terdapat beberapa cara mudah yang bisa membantu anak belajar menelan obat berbentuk pil, kapsul, dan tablet di antaranya:

Memakai permen kecil yang diperumpamakan sebagai obat

Dokter robert mengatakan, permen kecil dapat berguna sebagai perumpamaan sebuah obat. Orang tua dapat mencoba melatih hal ini kepada anak-anaknya. Selain itu, orang tua juga diminta membantu mengarahkan step by step untuk menelan obat tersebut.

Bisa memakai permen bulat kecil yang diperumpamakan sebagai obat. Kemudian bantu anak untuk membasahi mulutnya dengan meneguk beberapa teguk air atau minuman lain sebelum menelan permen. Memberikan sedikit cairan di mulut dan berkumur selama beberapa detik sebelum menelan mungkin terbukti membantu menelan pil, tutur Dokter Robert.

Memakai bantuan makanan atau minuman favorit anak

Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius, GP Farmasi Minta Perusahaan Obat Lakukan Pengujian Mandiri

Salah satu cara lain agar anak dapat menelan obat pil, kapsul, atau tablet yaitu dengan memakai bantuan makanan atau minuman yang disukainya. Orang tua dapat meletakkan pil di lidah anak tepat sebelum dia akan menelan sepotong besar makanan, seperti roti, biskuit, dan lain-lain.

Comments