Hilirisasi Jadi Alasan Pemerintah Larang Ekspor Nikel hingga Timah

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Hilirisasi Jadi Alasan Pemerintah Larang Ekspor Nikel hingga Timah

Hilirisasi Jadi Alasan Pemerintah Larang Ekspor Nikel hingga Timah

KEPONEWS.COM - Hilirisasi Jadi Alasan Pemerintah Larang Ekspor Nikel hingga Timah JAKARTA - Pemerintah mengambil kebijakan untuk melarang ekspor nikel mulai Januari 2020. Tak hanya itu, pemerintah juga berencana melakukan pelarangan ekspor mineral lainnya seperti timah dan juga bau...
Loading...

JAKARTA - Pemerintah mengambil kebijakan untuk melarang ekspor nikel mulai Januari 2020. Tak hanya itu, pemerintah juga berencana melakukan pelarangan ekspor mineral lainnya seperti timah dan juga bauksit.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, langkah pelarangan ini sebagai komitmen pemerintah untuk melakukan hilirisasi. Apalagi saat ini sudah ada beberapa investor yang menyatakan minatnya untuk membangun pabrik.

Ini Hasil Rapat Komisi VII dengan Dirjen Minerba dan Bos Tambang

Namun investor ini memerlukan pasokan mineral yang konsisten. Investor tak ingin bila bahan bakunya mengambil dari luar negeri alias impor.

Smelter

Kalau kita sudah ada investor-investor yang masuk untuk hilirisasi di timah, aspal, alumina, bauksit dan sebagainya, kenapa tidak? ujarnya saat ditemui di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Smelter Nikel Senilai USD1 Miliar Beroperasi di Konawe

Luhut menambahkan, pelarangan ekspor mineral mentah itu untuk menyokong hilirisasi dalam negeri. Menurut dia, mineral mentah akan mempunyai nilai tambah lebih jikalau terlebih dahulu di dalam negeri.

Apalagi wacana ini juga sering dikatakan oleh Presiden Joko Widodo. Dalam setiap kesempatan, Presiden Jokowi menginginkan agar Indonesia bisa mengekspor barang jadi atau yang mempunyai nilai tambah tinggi.

Dirjen Minerba: 7 Perusahaan Tambang Setujui Amandemen Kontrak Karya

Selama ini kita ekspor tuh ke luar, 98% misal nih, nikel tuh ke China. Sekarang kita kenapa enggak bikin di dalam, kalau dia mau diproses di sini dengan listrik yang lebih murah. Jadi ya sama aja yang lain juga gitu, jelasnya

Selanjutnya

Comments