Hewan-Hewan Langka Ini Cuma Ada di Indonesia, Yuk Simak

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Hewan-Hewan Langka Ini Cuma Ada di Indonesia, Yuk Simak

Hewan-Hewan Langka Ini Cuma Ada di Indonesia, Yuk Simak

KEPONEWS.COM - Hewan-Hewan Langka Ini Cuma Ada di Indonesia, Yuk Simak BANYAK spesies hewan langka ada di Indonesia. Semuanya tersebar dari Sabang hingga Merauke. Ini membuktikan Nusantara mempunyai kekayaan hewani yang melimpah. Tentunya semua hewan itu harus dijaga kel...

BANYAK spesies hewan langka ada di Indonesia. Semuanya tersebar dari Sabang hingga Merauke. Ini membuktikan Nusantara mempunyai kekayaan hewani yang melimpah. Tentunya semua hewan itu harus dijaga kelestariannya agar kehidupannya terus berlangsung baik.

Semua hewan langka tersebut ibarat harta karun berharga yang mungkin tidak dimiliki negara lain. Indonesia ternyata juga menjadi tempat tinggal beberapa spesies hewan langka itu.

Penyu Putih Langka Ditemukan Menetas di Tepi Pantai

Hewan-hewan yang kerap luput dari perhatian ini ternyata sukses menarik perhatian dunia untuk membantu melestarikan keberadaannya. Berikut tujuh hewan langka yang hanya ada di Indonesia, sebagaimana telah Okezone rangkum.

1. Tarsius

Selain orang utan, primata lain asli Indonesia ialah tarsius bangka. Hewan malam yang punya nama lain Mentilin ini berasal dari Bangka Belitung. Meski begitu, tarsius juga bisa ditemukan di Riau dan sebagian Kalimantan.

Satwa berwarna coklat kemerahan hingga abu-abu kecoklatan ini mempunyai panjang 12 hingga 15 cm, sehingga dijuluki primata terkecil dunia. Ciri fisiknya bermata besar mirip burung hantu, jadi tidak heran bila sebagian orang menyebutnya monyet hantu. Namun, mata tarsius tidak berfungsi saat siang hari.

Tarsius. (Foto: Shutt)

2. Harimau

Ada dua spesies langka harimau yang hanya ditemukan di Indonesia adalah harimau sumatera dan bali. Namun, harimau bali telah dinyatakan punah semenjak 1937 karena habitatnya terganggu. Adapun harimau sumatera kini jumlahnya diperkirakan hanya tersisa sekira 500 ekor.

Jumlah ini juga terus menurun dari tahun-tahun sebelumnya sehingga pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan harimau sumatera. Harimau jantan Sumatera biasanya mempunyai panjang sekira 92 inci, tinggi 60 sentimeter, dan berat 140 kilogram. Sementara harimau betina mempunyai panjang tubuh rata-rata 78 inci dan berat 91 kg.

Harimau sumatera. (Foto: Mika Brandt/Unsplash)

Badak Putih Utara Terancam Punah, Tersisa 2 Ekor dan Semuanya Betina

3. Badak

Setidaknya ada dua jenis badak asli Indonesia yang sangat langka dan dilindungi, adalah badak jawa dan badak sumatera. Namun, badak paling populer yaitu badak bercula satu asli dari Jawa.

Kendati telah dibuatkan penangkaran di Ujung Kulon, Banten, populasi hewan ini terus mengalami penurunan. Mirisnya, data terakhir menyebutkan bahwa jumlahnya hanya mencapai puluhan ekor saja.

Dalam ilmu pengobatan China kuno, cula badak dianggap sangat manjur mengobati banyak sekali penyakit. Culanya bahkan bisa dihargai sangat mahal sehingga banyak diburu orang.

Badak sumatera. (Foto: Save the Rhino International)

4. Orang utan

Banyak spesies primata yang tersebar di muka Bumi ini. Namun dari sekian banyak hewan langka itu, ada yang hanya ada di Indonesia, yaitu orang utan. Dibandingkan jenis monyet lainnya, orang utan mempunyai rambut yang lebih panjang.

Spesies ini bahkan dikenal punya tingkat inteligensi tinggi dan harapan hidup yang lebih panjang ketimbang keluarga primata lainnya. Hewan yang bisa bertahan hidup hingga 30 tahunan ini juga konon mempunyai segi DNA yang mirip dengan manusia. Orang utan banyak ditemukan di hutan-hutan Pulau Kalimantan dan Sumatera.

Orang utan. (Foto: Dawn Armfield/Unsplash)

Comments