Heboh Virus Meningitis, Ini Tips Mengolah Daging Babi agar Layak Konsumsi

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Heboh Virus Meningitis, Ini Tips Mengolah Daging Babi agar Layak Konsumsi

Heboh Virus Meningitis, Ini Tips Mengolah Daging Babi agar Layak Konsumsi

KEPONEWS.COM - Heboh Virus Meningitis, Ini Tips Mengolah Daging Babi agar Layak Konsumsi BEBERAPA waktu lalu, dua warga Bali di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung disinyalir terjangkit virus meningitis. Berdasarkan hasil laporan Dinas Kesehatan Pemprov Bali, penularan virus tersebut b...

BEBERAPA waktu lalu, dua warga Bali di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung disinyalir terjangkit virus meningitis. Berdasarkan hasil laporan Dinas Kesehatan Pemprov Bali, penularan virus tersebut berasal dari banyak sekali faktor, termasuk makanan (produk babi yang mentah misalnya darah segar, usus, jeroan dan daging yang terinfeksi).

Untuk menghindari hal tersebut, Okezone berhasil merangkum 4 tips mengolah daging babi agar layak konsumsi, sebagaimana dilansir dari Health Yeating, Senin (13/7/2017).

Buang lemak

Untuk mendapatkan daging babi yang sehat, buanglah lemak sebelum Anda memasaknya. Cara ini sangat ampuh untuk mengurangi kelebihan kalori. Gunakanlah pisau tajam agar proses pembuangan lemak dapat berjalan dengan baik, serta tidak merusak tekstur daging.

Marinasi

Berbeda dengan daging sapi atau daging unggas, daging babi cenderung lebih cepat mengering. Oleh karena itu, diharapkan proses marinasi untuk meleburkan kandungan protein dan mempertahankan kelembutannya. Untuk bumbu marinasi bisa Anda gunakan campuran beberapa jenis rempah-rempah seperti lada, bawang putih, rosemary, soy sauce, air perasan lemon, dan cuka. Lakukanlah proses marinasi dalam waktu yang cukup lama agar bumbu meresap tepat, serta membunuh kuman-kuman yang masih menempel.

Teknik pengolahan

Ada beberapa cara ampuh untuk mengolah daging babi. Mulai dari memanggang, menggoreng, merebus, hingga mengukus. Kalau Anda memilih menggorengnya, gunakan minyak zaitun agar daging tidak melengket pada permukaan wajan. Gorenglah hingga tekstur daging berubah kecokelatan secara merata.

Perhatikan suhu

Suhu ideal untuk mengolah daging babi berkisar antara 62 - 71 derajat Celcius. Ini bertujuan agar daging dapat matang secara menyeluruh, serta menjaga kelembutannya. Anda juga dapat menggunakan termometer khusus untuk mengolah daging babi bertekstur tipis.

Heboh Virus Meningitis, Ini Tips Mengolah Daging Babi agar Layak Konsumsi

Comments