Heboh Serangan Semut Charlie atau Tomcat, Ini Cara Mengatasinya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Heboh Serangan Semut Charlie atau Tomcat, Ini Cara Mengatasinya

Heboh Serangan Semut Charlie atau Tomcat, Ini Cara Mengatasinya

KEPONEWS.COM - Heboh Serangan Semut Charlie atau Tomcat, Ini Cara Mengatasinya Baru-baru ini Indonesia dihebohkan dengan pesan berantai yang memperingatkan wacana bahaya yang ditimbulkan oleh semut charlie atau tomcat. Berbeda dengan semut pada umumnya, bentuk semut ini sedikit...
Loading...

Baru-baru ini Indonesia dihebohkan dengan pesan berantai yang memperingatkan wacana bahaya yang ditimbulkan oleh semut charlie atau tomcat. Berbeda dengan semut pada umumnya, bentuk semut ini sedikit memanjang dengan warna cokelat bergaris hitam di bagian tubuhnya.

Semut ini pun mempunyai racun, berbeda dengan semut biasa. Kabarnya seseorang yang dihinggapi oleh tomcat akan mengalami reaksi pada kulit, bahkan beberapa sumber mengatakan racun yang dimiliki serangga ini lebih berbisa dari ular tedung.

Semut charlie atau biasa lebih dikenal dengan tomcat ini terdapat di kebun atau persawahan. Namun jangan dianggap remeh, serangan tomcat ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Bahkan beberapa kasus serangan tomcat pernah terjadi di sebagian wilayah Indonesia.

Semut

Ciri khas lain dari hewan ini ialah kebiasannya yang mulai aktif saat menjelang petang. Mereka akan memangsa kutu dan hama yang ada di area sawah. Menyerupai laron, tomcat juga suka tinggal di tempat yang lembab dan mengikuti cahaya lampu.

Tentu awalnya Kamu akan kebingungan apabila terserang oleh serangga yang satu ini. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari semakin parahnya iritasi kulit karena tomcat. Sebagaimana diketahui tomcat tidaklah menggigit atau menyengat. Mereka akan mengeluarkan cairan apabila bersentuhan dengan kulit manusia.

Mereka juga akan mengeluarkan cairan beracun saat hinggap di baju atau benda-benda lainnya. Racun yang terdapat pada tomcat terdiri dari paederin yang berupa cairan hemolim atau toksin. Racun ini bisanya menyebabkan iritasi hebat pada kulit hingga bengkak dalam tempo 24 jam.

Comments