Heboh Presiden Jokowi Kendarai Motor Trail di Papua

Otomotif

News / Otomotif

Heboh Presiden Jokowi Kendarai Motor Trail di Papua

Heboh Presiden Jokowi Kendarai Motor Trail di Papua

KEPONEWS.COM - Heboh Presiden Jokowi Kendarai Motor Trail di Papua JAKARTA: Biasanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke daerah menggunakan mobil atau berjalan kaki. Namun kali ini sangat berbeda, Jokowi mengendarai motor trail ketika meninjau pemban...
Loading...

JAKARTA: Biasanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke daerah menggunakan mobil atau berjalan kaki. Namun kali ini sangat berbeda, Jokowi mengendarai motor trail ketika meninjau pembangunan jalan Trans Papua ruas Wamena-Mamugu 1, di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Peristiwa langka yang dilakukan oleh seorang presiden itu dilakoni Jokowi pada hari terakhir kunjungan kerjanya di Papua, Rabu 10 Mei 2017.

Jokowi di temani oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono. Motor yang digunakannya pun jenis trail. Dengan mengendari motor, Jokowi mengaku bisa merasakan seperti apa kondisi jalanan.

"Kalau naik trail kelihatan terang kesulitannya. Itu baru naik, coba bayangkan yang membangun. Kita ini kan coba melihat di lapangan," ujarnya, seperti dukutip dari laman setneg.go.id.

Adapun motor trail yang digunakan oleh Jokowi ialah KLX 150BF SE (Special Edition). Motor yang dikhususkan untuk medan offroad ini dirilis di Indonesia pada September 2016. Berdasarkan laman Kawasaki Motor Indonesia, harganya ialah Rp33,6 juta on the road Jakarta.

KLX 150BF SE merupakan generasi penerus dari KLX 150L yang memberikan pengendara performa offroad. Sebagai pembeda dari varian standar, Kawasaki telah menyematkan beragam akesori di tubuhnya seperti hand guard, engine guard, serta warna hitam pada pelek.

Supaya makin andal di medan offroad, ukuran pelek roda depan dibuat lebih besar yakni 21 inci dan belakang 18 inci. Sedangkan suspensi depan inverted fork dan belakang uni-trak. Sistem pengereman menggunakan petal disc twin-piston pada roda depan dan petal disc single-piston di belakang.

Motor ini memiliki panjang 2.070 milimeter (mm), lebar 825 mm, dan tinggi 1.155 mm. Jarak bodi ke tanah sekira 95 mm dengan berat 118 kilogram. Tangkinya bisa menampung bahan bakar minyak hingga 6,9 liter.

Bicara performa, KLX 150BF SE dibekali mesin 144 cc SOHC, 4 stroke, berpendingin udara. Mesin ini bisa mengeluarkan tenaga maksimal 12 ps pada 8.000 rpm dan torsi 11,3 nm pada 6.500 rpm. Tenaga dikirim ke roda belakang melalui transmisi manual lima percepatan. (san)

Heboh Presiden Jokowi Kendarai Motor Trail di Papua
Loading...

Comments