Heboh Masyarakat Minta Vaksin Pneumonia, Ini Tanggapan Perhimpunan Dokter Paru

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Heboh Masyarakat Minta Vaksin Pneumonia, Ini Tanggapan Perhimpunan Dokter Paru

Heboh Masyarakat Minta Vaksin Pneumonia, Ini Tanggapan Perhimpunan Dokter Paru

KEPONEWS.COM - Heboh Masyarakat Minta Vaksin Pneumonia, Ini Tanggapan Perhimpunan Dokter Paru Wabah pneumonia yang menyerang Wuhan, China telah menggemparkan dunia. Alhasil banyak masyarakat yang berbondong-bondong melakukan vaksinasi untuk mencegah terjadinya penyakit menular berbahaya ini. S...

Wabah pneumonia yang menyerang Wuhan, China telah menggemparkan dunia. Alhasil banyak masyarakat yang berbondong-bondong melakukan vaksinasi untuk mencegah terjadinya penyakit menular berbahaya ini.

Seperti diketahui pneumonia merupakan infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh banyak sekali mikroorganisme seperti bakteri, virus, parasit, jamur, paparan bahan kimia atau kerusakan fisik paru.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K) memaparkan bahwa vaksin yang beredar saat ini belum bisa memproteksi manusia dari kuman-kuman yang tengah mewabah di China.

Vaksin yang beredar itu hanya memproteksi bakteri tertentu saja, namun tidak untuk bakteri yang lain, terang dr. Agus, saat diwawancarai Okezone dalam acara PDPI di Jakarta Timur, Jumat (17/1/2020).

Dokter Agus

Lebih lanjut dr. Agus mengatakan bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi pneumonia boleh saja dilakukan. Tapi vaksin tersebut hanya akan bekerja pada beberapa virus sesuai dengan apa yang tertera di kemasan.

Kalau dia vaksin untuk pneumokokus ya hanya pneumokokus, dan untuk Haemophilus Influenzae type B (HIB) ya HIB saja. Vaksin pneumokokus saja tidak bisa memproteksi semua jenis pneumokokus karena tipenya pun banyak, lanjutnya.

Dokter Agus pun mengimbau agar masyarakat jangan tergoda perihal anjuran harus vaksin untuk menghindari wabah penyakit pneumonia yang sedang mewabah. Ia pun menyarankan usia ideal bagi seseorang yang ingin melakukan vaksin pneumonia.

Pada usia berapa aja bisa, tapi dianjurkan pada usia yang rentan di atas 60 tahun. Pasalnya usia segitu imunitas tubuh akan menurun. Selain itu populasi yang mempunyai Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) boleh diberi vaksin pneumokokus karena efek PPOK-nya bisa karena pneumonia, tuntasnya.

(hel)

Kenali P...

Comments