Heboh Ibrahimovic Protes Hak Cipta di FIFA 21, Begini Respon EA Sports

Games

Updates / Games

Heboh Ibrahimovic Protes Hak Cipta di FIFA 21, Begini Respon EA Sports

Heboh Ibrahimovic Protes Hak Cipta di FIFA 21, Begini Respon EA Sports

KEPONEWS.COM - Heboh Ibrahimovic Protes Hak Cipta di FIFA 21, Begini Respon EA Sports AC Milan di FIFA 21. (EA Sports) Pada pekan lalu, Zlatan Ibrahimovic mencuitkan protes terkait komersialisasi dan penggunaan hak cipta yang diklaim tanpa izinnya di game FIFA 21 milik EA Sports. Sang...

AC Milan di FIFA 21. (EA Sports)

Pada pekan lalu, Zlatan Ibrahimovic mencuitkan protes terkait komersialisasi dan penggunaan hak cipta yang diklaim tanpa izinnya di game FIFA 21 milik EA Sports. Sang super agen, Mino Raiola ikut memanasi suasana dan mengatakan bahwa terdapat 300 pemain lain yang bakal melakukan tuntutan serupa.

Zlatan Ibrahimovic kini diketahui bermain untuk AC Milan. Namun dirinya tidak terima mengingat game FIFA memakai wajah dan namanya tanpa izin.

AC Milan mempunyai perjanjian beberapa tahun dengan EA Sports untuk memakai pemain, stadion, dan perlengkapan mereka.

Tapi Ibrahimovic menegaskan bahwa dia tidak pernah memberikan izin untuk wajah dirinya kepada EA Sports.

"Siapa yang memberi izin kepada FIFA EA Sports untuk memakai nama dan wajah saya? @FIFPro? Saya tidak sadar untuk menjadi anggota FIFPro dan saya ditempatkan di sana tanpa pengetahuan nyata melalui beberapa manuver aneh," protes Zlatan Ibrahimovic pada cuitan resminya.

Protes Zlatan Ibrahimovic pada FIFA 21 yang yang memakai wajah dan namanya tanpa izin. (Twitter/ Ibra_official)Protes Zlatan Ibrahimovic pada FIFA 21 yang yang memakai wajah dan namanya tanpa izin. (Twitter/ Ibra_official)

Agen Ibrahimovic, Raiola, mengklaim bahwa terdapat 300 pemain lain yang siap melakukan tuntutan serupa.

"Bukan hanya Zlatan atau Gareth Bale. Kami mempunyai sekitar 300 permintaan dari para pemain. Kami akan terus maju, kalau perlu, melawan FIFA dan FIFPro dan semua orang yang menjual hak cipta di mana sebenarnya mereka tidak memilikinya," kata Raiola kepada The Telegraph.

EA Sports akhirnya angkat bicara dan menyiratkan bahwa permasalahan tersebut sepertinya akan dibicarakan langsung dua pihak yang bersangkutan yaitu FIFPro dan Ibrahimovic sendiri.

Zlatan Ibrahimovic. (Instagram/ iamzlatanibrahimovic)Zlatan Ibrahimovic. (Instagram/ iamzlatanibrahimovic)

"Argumen lisensi yang dimainkan di sosmed untuk mendapatkan efek bukanlah masalah bagi EA atau EA Sports. Ini antara FIFPro, para pemain dalam asosiasi mereka, dan perwakilan mereka. FIFPro telah memberi tahu kami bahwa ini merupakan masalah mereka, dan mereka sedang menanganinya," kata perwakilan Electronic Arts dikutip dari Forbes.

EA juga memberikan pernyataan balasan kepada Raiola. Mereka mengaku bahwa hubungan dengan Raiola baik-baik saja dan pihak EA akan menyerahkan sepenuhnya kasus kepada FIFPro untuk merundingkannya.

"Ini bukan pertarungan kita. Ini bukan perihal EA Sports atau video game, pemain, atau penggemar. Ini ialah pertarungan antara agen sepak bola dan FIFPro. Mino Raiola merupakan perwakilan pemain yang dihormati yang telah bermitra dengan kami selama bertahun-tahun, termasuk tahun ini ketika hubungan kami memastikan kliennya Erling Haaland akan menjadi bagian dari kampanye pemasaran FIFA 21," tulis pernyataan resmi dari EA.

Pihak EA Sports akan menunggu perkembangan negoisasi antara Ibrahimovic, Mino Raiola, dan juga FIFPro terkait tuduhan penggunaan hak cipta tanpa izin di FIFA 21.

Comments