Heboh! Ditemukan Kayu yang Lebih Kuat Dari Baja Bahkan Bisa Menahan Peluru yang Ditembakkan

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Heboh! Ditemukan Kayu yang Lebih Kuat Dari Baja Bahkan Bisa Menahan Peluru yang Ditembakkan

Heboh! Ditemukan Kayu yang Lebih Kuat Dari Baja Bahkan Bisa Menahan Peluru yang Ditembakkan

KEPONEWS.COM - Heboh! Ditemukan Kayu yang Lebih Kuat Dari Baja Bahkan Bisa Menahan Peluru yang Ditembakkan via kompas.com Pasti tidak pernah terfikir bahwa ada kayu sekuat yang memiliki kekuatan setara dengan baja. Ini merupakan mustahil, namun lewat tangan para peneliti di Amerika Serikat hal mustahil t...

via kompas.com

Pasti tidak pernah terfikir bahwa ada kayu sekuat yang memiliki kekuatan setara dengan baja. Ini merupakan mustahil, namun lewat tangan para peneliti di Amerika Serikat hal mustahil tersebut bisa menjadi nyata. Mereka mengembangkan cara sederhana membuat kayu bisa sekuat baja atau bahkan perpaduan titanium

Dalam uji coba, kayu super tersebut dapat menghentikan peluru yang ditembakkan ke arahnya. Hal ini dapat membuka peluang penerapan kayu pada bangunan, mobil, atau bahkan pesawat.

Cara baru ini membuat kayu 12 kali lebih kuat dan 10 kali lebih keras dari aslinya, ungkap Liangbing Hu, profesor asosiasi di University of Maryland, AS dikutip kompas.com dari Xinhua Net, pada Kamis (08/02/2018).

Ini bisa menjadi pesaing atau bahkan perpaduan titanium, ini sangat kuat dan tahan lama. Bila dibandingkan dengan serat karbon, harga kayu ini lebih murah, imbuh pria yang jadi pimpinan penelitian ini.

Dalam laporan pada jurnal Nature, dijelaskan bahwa proses pembuatan kayu agar menjadi sekuat baja dimulai dengan melepas lignin atau bagian dari kayu yang membuat kaku dan berwarna coklat. Dilansir dari Scientific American, Rabu (07/02/2018), pelepasan lignin ini dilakukan dengan cara mendidihkan kayu dalam larutan natrium hidroksida (NaOH) dan natrium sulfit (Na2SO3).via metro.com

Selanjutnya, ditekan/dikompres dengan suhu 100 derajat celcius selama sekitar satu hari. Proses ini membuat kayu 5 kali lebih tipis dari pada ukuran asli.

Dengan cara ini cacat pada kayu seperti lubang dapat hancur, kata para peneliti. Proses perlakuan ini sedikit lebih lama apabila dibandingkan dengan melapisi kayu dengan cat.

(Dengan cara ini) serabut kayu ditekan sedemikian erat sehingga bisa membentuk ikatan hidrogen yang kuat, seperti kerumunan orang yang tidak dapat bergerak dan berpegangan tangan, kata para peneliti.

Profesor Teng Li dari University of Maryland yang terlibat penelitian ini menyebutkan bahwa ia mengukur sifat mekanik kayu yang padat. Hasilnya, kayu tersebut dsekuat baja tapi dengan bobot 6 kali lebih ringan.

Dibutuhkan 10 kali energi lebih banyak untuk mematahkannya bila dibanding kayu alami. Benda ini bahkan bisa ditekuk pada awal proses ini dilakukan, ujar Li.

Tim menguji materi kayu tersebut dengan menembakkan peluru, jikalau hal dilakukan pada kayu alami, tentu akan berlubang. Sebaliknya, benda ini jmenghentikan proyektil peluru. Laporan ini memberikan gambaran yang sangat menjanjikan untuk merancang bahan struktural yang berkekuatan tinggi namun ringan, dengan potensi yang luar biasa untuk diaplikasikan pada tujuan yang membutuhkan kekuatan besar dan ketahan tinggi, kata Huajian Gao, profesor di Brown University, AS yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Comments