Hati-hati Ya! Banyak Hoax Kesehatan dan Bencana Alam yang Menyesatkan

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Hati-hati Ya! Banyak Hoax Kesehatan dan Bencana Alam yang Menyesatkan

Hati-hati Ya! Banyak Hoax Kesehatan dan Bencana Alam yang Menyesatkan

KEPONEWS.COM - Hati-hati Ya! Banyak Hoax Kesehatan dan Bencana Alam yang Menyesatkan Maraknya berita palsu (hoax) di Indonesia telah mencapai taraf yang mengkhawatirkan. Mengingat dampak penyebaran hoax tak dapat dipandang sebelah mata, sejumlah pihak termasuk pemerintah dan swasta be...

Maraknya berita palsu (hoax) di Indonesia telah mencapai taraf yang mengkhawatirkan. Mengingat dampak penyebaran hoax tak dapat dipandang sebelah mata, sejumlah pihak termasuk pemerintah dan swasta bersinergi membendungnya.

Platform gosip dan hiburan BaBe hari ini, Kamis, 28 Februari 2019 meluncurkan kanal BaBe Ungkap Fakta dalam rangka melawan peredaran gosip bohong. Kanal tersebut merupakan kerja sama BaBe dengan media mainstream terkemuka, yaitu VIVA dan Tempo, serta Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

"Di BaBe, kami menanggapi ancaman isu palsu dengan sangat serius. Inilah sebabnya kami senang mengumumkan kemitraan strategis kami dengan Mafindo, Tempo, dan VIVA untuk secara resmi meluncurkan BaBe Ungkap Fakta," kata Head of Business Development BaBe, Shelly Tantri.

Sebagai platform yang menghimpun konten isu dari banyak sekali media, BaBe mempunyai satu juta berita yang didistribusikan pada pembaca setiap bulan.

Peluncuran Kanal BaBe Ungkap Fakta

image_title

Guru Penyebar Hoax 7 Kontainer Surat Suara Segera Disidang

image_title

Jokowi Perintahkan Kapolri Hukum Penyebar Hoax Door to Door

image_title

Ratna Sarumpaet Sebut Dakwaan Jaksa Ada yang Tak Sesuai Fakta

Di sela diskusi dengan para awak media, Shelly menyebut bahwa konten kesehatan dan bencana alam banyak yang menyesatkan.

"Banyak sekali konten kesehatan dan misleading. Kemudian peristiwa-peristiwa seperti bencana alam yang sudah outdated kemudian dinaikkan lagi dan disebarluaskan," kata Shelly.

"Nah, konten-konten seperti itu yang sebenarnya sangat mengkhawatirkan dan menimbulkan keresahan. Di BaBe kami berusaha semaksimal mungkin mengurangi hal-hal tersebut," imbuh Shelly.

Di balik kanal BaBe Ungkap Fakta, ada tim fact checker yang bertugas memverifikasi fakta. Tim ini juga memoderasi konten dengan alat dan metodologi langsung yang dapat mengidentifikasi dan mengurangi ancaman konten dari sumber yang tidak diverifikasi. (ann)

Comments