Hati-Hati, Mimisan Bisa Jadi Tanda Anda Stres

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Hati-Hati, Mimisan Bisa Jadi Tanda Anda Stres

Hati-Hati, Mimisan Bisa Jadi Tanda Anda Stres

KEPONEWS.COM - Hati-Hati, Mimisan Bisa Jadi Tanda Anda Stres PERNAHKAH tiba-tiba mengalami mimisan? Ada darah yang menetes dari hidung. Penyebab mimisan itu ada banyak. Mulai dari udara kering, mengupil terlalu keras, atau bahkan cedera hidung. Namun, bila semu...
Loading...

PERNAHKAH tiba-tiba mengalami mimisan? Ada darah yang menetes dari hidung. Penyebab mimisan itu ada banyak. Mulai dari udara kering, mengupil terlalu keras, atau bahkan cedera hidung.

Namun, bila semua pemicu tersebut tidak Kamu alami, bisa jadi Kamu mimisan karena stres. Kok, bisa? Mimisan atau bahasa medisnya disebut epistaksis terjadi ketika pembuluh darah di bagian depan maupun belakang hidung rusak atau pecah.

Mimisan bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari benturan keras di hidung hingga kondisi medis tertentu yang memengaruhi hidung. Namun, sebuah organisasi sosial nonprofit di Amerika Serikat, yaitu Anxiey and Depression Association of America melaporkan bahwa mimisan juga bisa terjadi saat stres dan kecemasan kronis.

Bahkan, orang-orang yang sering stres dan cemas berlebihan lebih berisiko mengalami mimisan kronis yang sifatnya kambuhan dan sering muncul tiba-tiba. Stres atau kecemasan tidak mengakibatkan mimisan secara langsung. Biasanya terdapat kondisi lain yang menyertai stres atau kecemasan Kamu yang menyebabkan mimisan.

 Bila Anda punya kebiasaan tanpa sadar mengorek hidung Anda ketika stres, hal ini juga dapat menyebabkan mimisan.

Sakit kepala yang muncul saat stres dapat menyebabkan mimisan. Bila Kamu punya kebiasaan tanpa sadar mengorek hidung Kamu ketika stres, hal ini juga dapat menyebabkan mimisan.

Kondisi hamil, bepergian di ketinggian, olahraga ekstrem, atau stress berat fisik dapat menimbulkan stres atau kecemasan, serta mimisan. Obat-obatan yang Kamu minum seperti pengencer darah, dapat meningkatkan risiko Kamu mengalami mimisan.

Kini, Kamu sudah tahu, kan bahwa mimisan juga bisa terjadi karena stres? Meski biasanya bukan kondisi berbahaya, mimisan tetap harus ditangani dengan cara yang tepat. Apa pun penyebabnya.

Berikut pertolongan pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mimisan, pertama duduk tegak dan condongkan tubuh ke depan. Cubit cuping hidung Kamu memakai ibu jari dan jari telunjuk dan tahan selama 10-15 menit. Selama melakukan teknik ini, Kamu dapat mencoba bernapas melalui mulut.

Loading...

Comments