Hati-hati Menyebut Kata Pedofil, Ini Alasannya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Hati-hati Menyebut Kata Pedofil, Ini Alasannya

Hati-hati Menyebut Kata Pedofil, Ini Alasannya

KEPONEWS.COM - Hati-hati Menyebut Kata Pedofil, Ini Alasannya Pedofil merupakan seseorang yang mengidap gangguan mental. Namun definisi dari kata ini telah sedikit bergeser. Dalam upaya meluruskan pemahaman mengenai pedofil, American Psychiatric Association (APA...

Pedofil merupakan seseorang yang mengidap gangguan mental. Namun definisi dari kata ini telah sedikit bergeser.

Dalam upaya meluruskan pemahaman mengenai pedofil, American Psychiatric Association (APA) telah memaparkan perbedaan yang terselip.

Mereka membedakan antara pedofil yang hanya mempunyai keinginan seksual dengan anak-anak dan mereka yang akhirnya bertindak atas dasar keinginan tersebut.

Ini dinyatakan langsung dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM) seperti dilaporkan Huffington Post.

Dijelaskan, orang yang mempunyai keinginan berhubungan seks dengan anak-anak namun tidak menyakiti maupun mengganggu kini tak lagi diklasifikasi sebagai penderita gangguan kondisi psikis sebagai pedofil.

"Perbedaan dari edisi DSM yang sebelumnya, merupakan kita tidak secara otomatis mengatakan bahwa orang yang mempunyai ketertarikan erotis yang tidak biasa sebagai penderita gangguan mental," jelas Ray Blanchard.

"Jikalau Kamu melihat seorang individu yang mempunyai ketertarikan sangat kuat terhadap anak-anak, namun tidak pernah melakukan aksi, tidak akan pernah bertingkah, yang malah setuju dengan larangan lingkungan perihal hubungan antara anak dengan orang dewasa, apakah Kamu akan menyebut orang ini sebagai penderita gangguan mental?," jelasnya.

Jadi kalau lain kali Kamu berkeinginan melontarkan kata ini, berfikirlah dua kali karena tak semua orang yang mempunyai ketertarikan seksual terhadap anak-anak merupakan pedofil.

(tika / gur)

Rekomendasi

Hati-hati Menyebut Kata Pedofil, Ini Alasannya

Comments