Hati-Hati, Ini Gejala Awal Masalah Kaki Diabetes

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Hati-Hati, Ini Gejala Awal Masalah Kaki Diabetes

Hati-Hati, Ini Gejala Awal Masalah Kaki Diabetes

KEPONEWS.COM - Hati-Hati, Ini Gejala Awal Masalah Kaki Diabetes DIABETES ialah kelainan metabolis yang dialami tubuh manusia karena banyak faktor. Tingginya kadar gula darah dalam tubuh membuat penderita diabetes rentan mendapati luka yang sulit sembuh terutama pa...

DIABETES ialah kelainan metabolis yang dialami tubuh manusia karena banyak faktor. Tingginya kadar gula darah dalam tubuh membuat penderita diabetes rentan mendapati luka yang sulit sembuh terutama pada kaki.

Sebelum menjadi parah, sebaiknya kenali gejala awal masalah kaki diabetes. Gejala awal masalah kaki pada penderita diabetes ditandai dengan banyak hal, bahkan dimulai dari yang sering dianggap sepele oleh masyarakat awam. dr. Ihsan Oesman, Sp. OT (K) menjelaskan masalah kaki pada penderita diabetes dimulai dengan beberapa fase, mulai dari fase ringan hingga fase lanjutan atau fase kronis.

Jangan anggap remeh masalah kecil di kaki seperti kesemutan, rasa nyeri atau baal. Ini bisa jadi ialah gejala awal masalah kaki penderita diabetes. Selanjutnya diikuti dengan kelainan lain yang bisa lebih parah kalau tidak cepat ditangani, kata dr. Ihsan di Panin Center Building, Jakarta, Kamis (6/4/2017).

Pria yang bekerja di RS. Pondok Indah ini menjelaskan, gejala lain yang jadi indikator atau tanda masalah kaki pada penderita diabetes merupakan kelainan bentuk kulit dan kuku. Masalah ini lanjutnya pasti berubah menjadi luka tukak (ulkus) kaki diabetes yang bisa diikuti dengan infeksi dan gangguan yang lebih parah.

Perhatikan bagian kulit, jikalau kulit terasa sangat kering bisa jadi ini merupakan gejala luka kaki diabetes. Demikian juga kuku, kalau kuku cenderung berbentuk aneh, tumbuh tidak normal ini bisa jadi awal penyebab luka yang kalau tidak ditangani akan menjadi lebih parah, terang dr. Ihsan.

Sebagai penanganan awal, dr. Ihsan menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan kaki dengan rutin mencucinya. Jikalau gejalanya sudah semakin parah, disarankannya untuk segera konsultasi atau screening ke dokter spesialis.

Hati-Hati, Ini Gejala Awal Masalah Kaki Diabetes

Comments