Hati-Hati, Hobi Kunyah Es Batu Isyaratkan 4 Masalah Ini

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Hati-Hati, Hobi Kunyah Es Batu Isyaratkan 4 Masalah Ini

Hati-Hati, Hobi Kunyah Es Batu Isyaratkan 4 Masalah Ini

KEPONEWS.COM - Hati-Hati, Hobi Kunyah Es Batu Isyaratkan 4 Masalah Ini Es yang sering kita minum bila hari sedang terik akan membuat kita merasa segar dan nikmat. Apalagi bila di tambahkan ke dalam sirup atau minuman lainnya. Sering dari kita akan memakan es batu yang ma...

Es yang sering kita minum bila hari sedang terik akan membuat kita merasa segar dan nikmat. Apalagi bila di tambahkan ke dalam sirup atau minuman lainnya. Sering dari kita akan memakan es batu yang masih tersisa dalam gelas minuman. Kebiasaan atau kondisi memakan es batu ini biasa dikenal dengan istilah pagophagia, hal ini biasanya disebabkan karena kekurangan zat besi.

Memang memakan es dapat membantu orang agar tetap waspada atau merasa segar kembali ketika mereka merasa lesu atau lelah. Tetapi tahukah Kamu bahwa hobi memakan es batu dapat menyebabkan dan memberitahukan beberapa masalah kesehatan loh, berikut ulasannya yang dilansir dari Times of India, Senin (31/12/2018).

Merusak enamel gigi

Enamel gigi merupakan bagian luar dari gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi. Dengan mengunyah es batu itu dapat merusak sensivitas gigi, lebih rentan terhadap gigi berlubang, dan mengikis enamel gigi sehingga menyebabkan otot rahang sakit dan gigi pecah-pecah. Bahkan ini bisa membuat Kamu harus melakukan pemeriksaan saluran akar gigi.

(Putuskan Lepas Hijab, Berikut 4 Penampilan Hot Nikita Mirzani)

Infeksi gusi

Mengunyah es batu terlalu sering dapat berpotensi merusak gusi Kamu hingga dapat menyebabkan beberapa masalah gusi yang serius dan ini bisa membuat gusi terasa nyeri.

Tanda mengalami anemia

Menurut para ahli kesehatan, mengunyah hal-hal yang tidak mempunyai nilai gizi seperti es batu bisa sebagai tanda-tanda mengalami anemia. Orang-orang yang mengalami anemia biasanya akan merasa lesu dan letih, oleh karena itu mereka yang mengalami anemia akan mengunyah dan memakan es batu agar tetap waspada dan tidak merasa lesu dan letih.

(Kompilasi Tampilan Syur Kim Kardashian pada 2018, Pamer Buah Dada Bikin Netizen Melongo!)

Mengalami masalah emosional

Hobi mengunyah es merupakan gejala yang menunjukkan mereka mengalami beberapa masalah emosional seperti stres, gangguan perkembangan, atau obesif kompulsif. Obesif kompulsif sendiri merupakan kondisi seseorang merasa gelisah, takut dan khawatir. Oleh karena itu, mengunyah es bisa menjadi salah satu metode untuk menghilangkan masalah emosional mereka.

Jadi, kalau Kamu atau siapa pun yang Kamu kenal mempunyai kebiasaan mengunyah dan memakan es, itu harus segera diberikan perhatian medis. Cobalah untuk mengatasi kebiasaan ini dengan mengonsumsi makanan alternatif seperti mengunyah permen karet bebas gula atau apapun yang bisa menggantikan untuk tidak mengunyah es batu.

(tam)

Comments