Hati-hati, Challenge Makan Mie Instan Extra Pedas Bisa Bikin Tuli Sementara

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Hati-hati, Challenge Makan Mie Instan Extra Pedas Bisa Bikin Tuli Sementara

Hati-hati, Challenge Makan Mie Instan Extra Pedas Bisa Bikin Tuli Sementara

KEPONEWS.COM - Hati-hati, Challenge Makan Mie Instan Extra Pedas Bisa Bikin Tuli Sementara JAKARTA - Sekarang ini sering banget tuh kita liat vlog yang isinya tantangan makan mie instan super pedas.Nggak sedikit juga rumah makan yang menjadikan banyak sekali level kepedasan pada menu makana...

JAKARTA - Sekarang ini sering banget tuh kita liat vlog yang isinya tantangan makan mie instan super pedas.

Nggak sedikit juga rumah makan yang menjadikan banyak sekali level kepedasan pada menu makanannya menjadi gimmick.

Kita perlu hati-hati, nih, bro. Pasalnya, melahap makanan yang kelewat pedas bisa bikin kita tuli sementara, lho.

Kejadiannya pun udah ada. Ben Sumadiwiria pernah menyantap mie instan dengan 100 cabe, setelahnya ia berteriak "Saya nggak bisa mendengar apa-apa".

Nah, lho?!

Ya, menurut sains, tuli sementara itu disebabkan karena senyawa bernama capsaicin yang memicu sensasi panas.

Senyawa ini bikin sel kita jadi iritasi, terutama sel di membran mulut, tenggorokan, lambung, dan mata. Kalau jumlahnya sedikit, capcaisin cuma bikin kita terasa terbakar.

Namun, kalau jumlahnya banyak, capcaisin akan memicu pengeluaran ingus dan air mata. Nah, ingus itulah yang menyumbat saluran estachius, sebuah saluran yang menghubungkan tenggorokan dengan indera pendengaran.

Mirip Bindeng

Dikutip dari Kompas.com, seorang pakar indera pendengaran dari Robert Wood Johnson University yang bernama Michael Goldrich mengatakan bahwa tuli sementara itu mirip kayak gejala bindeng ketika kita flu. Cuma saja, sumbatan ingusnya lebih banyak.

Ada juga kemungkinan penyebab lainnya, yaitu stimulus berlebihan pada saraf trigeminal, sara pada bagian mulut dan wajah yang berhubungan dengan saraf koklea di indera pendengaran.

"Itu menyebabkan perubahan peredaran darah di bagian koklea sehingga berakibat pada hilangnya pendengaran sementara," ungkap Sam Marzo, kepala Department of Otolaryngology di Loyola Medicine, seperti dikutip Livescience, 11 Agustus 2017.

Yang perlu kita catat merupakan, hilangnya pendengaran karena makan pedas itu seharusnya cuma berlangsung sementara saja, bro. Kalau terjadi berhar-hari, maka penderita mesti banget periksa ke dokter.

Hati-hati, Challenge Makan Mie Instan Extra Pedas Bisa Bikin Tuli Sementara

Comments

loading...