Hati-hati Berfoto di Tempat Umum, Ada Hukumnya Lho

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Hati-hati Berfoto di Tempat Umum, Ada Hukumnya Lho

Hati-hati Berfoto di Tempat Umum, Ada Hukumnya Lho

KEPONEWS.COM - Hati-hati Berfoto di Tempat Umum, Ada Hukumnya Lho Bayangkan ini - Anda berada di rumah dan di halaman belakang bersama anak-anak Anda. Anda melihat tetangga terdekat mulai mengambil foto anak-anak Anda. Tentu saja Anda khawatir, jadi Anda menelepon p...

Bayangkan ini - Anda berada di rumah dan di halaman belakang bersama anak-anak Anda. Anda melihat tetangga terdekat mulai mengambil foto anak-anak Anda.

Tentu saja Anda khawatir, jadi Anda menelepon polisi untuk melihat apa yang bisa dilakukan hanya untuk diberitahu bahwa itu legal asalkan tidak ada yang difoto telanjang.

Itulah yang terjadi pada seorang wanita Brisbane minggu lalu. Kakaknya mengatakan kepada ABC News:

"Anak-anak adikku bekerja di halaman belakang kemarin di halaman rumput. Tetangga mereka mulai mengambil foto anak-anak. Ini membuat kakakku kesal.

"Dia menelepon Policelink dan diberi tahu bahwa itu legal karena tidak ada yang telanjang. Aku tidak mengerti bagaimana ini bisa legal."

Menurut aturan hukum, polisi tidak bisa melakukan tindakan apapun karena tidak ada aturan hukum yang dilanggar.

Kylie Pappalardo, seorang dosen di Fakultas Hukum Universitas Queensland Teknologi yang mengkhususkan diri dalam hukum kekayaan intelektual, mengatakan tidak banyak yang bisa dilakukan dalam situasi seperti ini.

"Ini situasi yang menarik di Australia, kita tidak memiliki hak privasi pribadi," kata Dr Pappalardo.

"Kita memiliki hak privasi untuk data, ada tindakan privasi yang mengatur apa yang dapat dikumpulkan perusahaan perihal berita keuangan Anda atau berita kesehatan. Tetapi tidak ada hak untuk mengatakan "Ini ialah privasi saya, jangan ambil foto saya".

Anak-anak berjalan ke sekolah Photo: Selama tidak ada yang masuk tanpa izin di properti pribadi, mereka biasanya diizinkan untuk mengambil foto.
(Radio ABC Canberra: Clarissa Thorpe)

"Dalam kasus tetangga atau seseorang di jalan mengambil foto, selama mereka tidak secara fisik masuk tanpa izin di tanah Anda, tidak ada hukum yang berlaku untuk mencegahnya.

"Kecuali, seperti kata polisi ... itu masuk ke wilayah yang dipertanyakan ... ada hukum yang sangat ketat di sekitar eksploitasi anak yang merupakan cerita lain.

"Tapi foto-foto di mana tidak ada orang yang dikompromikan dengan cara itu, selama seseorang secara fisik masuk tanpa izin, sangat sedikit yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan mereka mengambil foto mereka."

Apakah Anda perlu izin untuk mengambil foto seseorang di ruang publik?

Tidak.

Pertanyaan ini muncul di halaman Facebook ABC Brisbane minggu ini setelah membuatkan foto pasangan tak dikenal yang duduk dan berciuman di Woody Point Jetty, sebelah utara Brisbane.

ABC menerbitkan foto online dan di saluran media sosialnya.

Satu komentar menonjol:

"Fotografer, ABC, dan Facebook melanggar hukum privasi dari pasangan ini! Apakah Anda bertanya kepada pasangan ini apakah boleh menunjukkan wajah mereka di Facebook?"

Itu bukan satu-satunya. Ada lusinan komentar dari orang-orang yang mengemukakan kekhawatiran.

Pria dan wanita di Woody Point Jetty Photo: Pencarian berlanjut untuk pasangan yang tidak dikenal ini, difoto pada awal Maret.
(Disediakan: Troy Lum)

Namun Dr Pappalardo mengatakan fotografi tanpa izin di depan umum merupakan hal yang umum terjadi.

"Jikalau itu tempat umum, anda bebas mengambil foto apa pun yang anda suka," katanya.

"Ketika saya mengatakan anda dapat mengambil foto siapa pun yang anda suka pada umumnya, saya berbicara wacana situasi yang paling polos ketika Anda hanya mengambil foto di taman."

Namun Dr Pappalardo mengatakan hanya karena di luar ruangan, bukan berarti itu ruang publik.

"Daerah Southbank misalnya yang dikelola oleh Yayasan South Bank, banyak milik swasta tetapi terasa publik," katanya.

"Tapi jikalau itu tempat umum yang sebenarnya, maka kamu bebas mengambil foto."

Bila seseorang mengambil foto orang lain dengan kamera mereka, siapa yang memiliki gambar itu?

Fotografer.

"Aturan umumnya merupakan fotografer memiliki gambar, yang berada di bawah hukum hak cipta," kata Dr Pappalardo.

"Fotografer merupakan orang yang memiliki hak. Subjek, orang-orang dalam foto, umumnya tidak memiliki hak hukum."

Dr Pappalardo mengatakan hak cipta ialah bentuk monopoli.

Anak-anak menggambar di papan tulis di ruang kelas di pedesaan Qld Photo: Fotografer yang memiliki foto, bukan subjek foto.
(ABC Lokal: Blythe Moore)

"Dikatakan tidak ada seorang pun selain pemiliknya yang dapat melakukan semua hal ini dengan foto kecuali Anda mendapatkan izin mereka," katanya.

"Alasan kami memberikan monopoli itu ialah untuk mendorong orang menjadi kreatif.

"Ide dibaliknya ialah bila sesuatu mungkin butuh waktu lama untuk dibuat, butuh waktu bertahun-tahun dan uang untuk dilatih, dan apakah seseorang dapat datang dan menyalin apa yang telah Anda lakukan tanpa harus menginvestasikan waktu atau uang, Anda mungkin disinsentifkan dari pembuatan, jadi kami memberi Anda monopoli terbatas atas barang Anda sendiri karena alasan itu. "

Fotografer, yang memiliki foto itu, dapat mempublikasikannya di mana pun mereka suka.

"Pemilik hak cipta mengontrol penerbitan juga. Bila Anda ialah orang yang telah mengambil foto itu ... Anda bebas untuk mempublikasikannya di mana pun Anda suka," kata Dr Pappalardo.

Apakah drone dapat digunakan untuk memotret properti pribadi?

Itu tergantung, menurut Dr Pappalardo.

"Dengan kepemilikan pribadi Anda memiliki hak tidak hanya untuk tanah Anda, tetapi sejumlah ruang udara dan bawah tanah," katanya.

"Aturannya biasanya Anda memiliki lahan yang cukup sehingga Anda dapat mencegah orang mengganggu kenyamanan Anda atas tanah Anda.

"Jadi Anda tidak memiliki semua jalan ke ruang angkasa untuk menghentikan satelit atau pesawat, tetapi biasanya situasi dalam hukum properti biasa ialah pohon tetangga yang menyerahkan wilayah udara Anda di tanah Anda.

"Tetapi kalau seseorang menerbangkan pesawat tanpa awak di atas tanah Anda dan itu mengganggu kesenangan Anda dan itu di wilayah udara Anda, itu masih bisa menjadi pelanggaran."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

Comments