Hati-Hati, 8 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Gampang Jatuh Sakit

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Hati-Hati, 8 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Gampang Jatuh Sakit

Hati-Hati, 8 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Gampang Jatuh Sakit

KEPONEWS.COM - Hati-Hati, 8 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Gampang Jatuh Sakit SAAT sedang melakukan aktivitas setiap hari, semua orang mencoba menanamkan kebiasaan yang sehat untuk menjalani hidup yang bahagia. Secara tidak sengaja, kebanyakan dari kita terjebak dalam beberapa...

SAAT sedang melakukan aktivitas setiap hari, semua orang mencoba menanamkan kebiasaan yang sehat untuk menjalani hidup yang bahagia. Secara tidak sengaja, kebanyakan dari kita terjebak dalam beberapa kebiasaan salah yang tidak sehat.

Kebiasaan-kebiasaan yang salah ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini, tubuh menjadi lebih gampang sakit karena daya tahan tubuh rentan menurun.

Berikut kebiasaan buruk yang perlu kamu kurangi seperti dilansir dari laman The People:

Menggigit kuku

Sebuah sifat yang selalu dimiliki orang-orang cemas ialah menggigit kuku mereka. Tapi tahukah Kamu bahwa menggigit kuku bisa berbahaya? Kamu memindahkan banyak kuman ke dalam mulut karena ujung jari menyentuh banyak hal yang berbeda. Jadi, jangan sampai semua bakteri jahat bersarang pada tubuh. Hal ini pun sangat tidak enak dipandang, apalagi ketika Kamu berada di tempat umum, karena akan menurunkan citra diri.

gigit kuku

Mengenakan lensa kontak sepanjang waktu

Untuk Kamu yang tidak memakai kacamata dan tetap memakai lensa kontak sepanjang hari, maka hati-hatilah. Atur penggunaan lensa kontak dalam sehari merupakan sekitar 10 sampai 12 jam. Karena benda tersebut telah menghalangi jaringan mata dari penerimaan oksigen, pada waktu tertentu. Keadaan tersebut dapat mengundang banyak sekali infeksi atau merusak kornea dalam jangka panjang.

Makan terlalu banyak protein

Mungkin tidak masalah bagi kebanyakan orang, tetapi kalau Kamu sering mengonsumsi makanan ditambah minuman berprotein tinggi, maka bisa berdampak buruk. Hal ini karena akan membuat Kamu dehidrasi yang akhirnya mengakibatkan hilangnya kalsium hingga menciptakan masalah bagi ginjal. Karenanya, terlalu banyak mengonsumsi protein bisa membuat Kamu gemuk.

Ngemil saat tidak lapar

Ngemil ketika tidak lapar, dapat membuat Kamu melewatkan makanan yang sebenarnya dan kehilangan nutrisi hingga mineral penting sepanjang hari. Hal ini bisa membuat berat badan naik, dan akhirnya tubuh menjadi tidak sehat.

Mempunyai ponsel yang kotor

Beberapa studi penelitian mengatakan bahwa layar ponsel mempunyai lebih banyak bakteri daripada tempat duduk toilet. Hal ini memang terdengar sepele, tetapi bila tidak memperbaikinya akan merugikan Kamu. Seperti adanya bakteri menempel di wajah saat mengangkat telefon, oleh karena itu penting untuk membersihkan layar ponsel.

Terlalu sering mencuci keramas

Sebuah penelitian mengatakan bahwa sering keramas bisa mengganggu minyak alami dari rambut, sehingga membuatnya rapuh dan rentan terhadap kerontokan.

keramas

Salah plih makanan sebelum berolahraga

Dianjurkan agar Kamu menghindari makanan tinggi serat dan tinggi lemak sebelum berolahraga. Hal ini karena makanan tersebut membutuhkan waktu untuk dicerna, dapat menyebabkan kram dan kelesuan. Lebih baik konsumsi sepotong buah dan air putih satu jam sebelum pergi olahraga.

Melewatkan sarapan

Orang-orang yang perutnya penuh karena sarapan, tidak akan makan berlebihan di siang hari. Begitupun waktu makan malam, sehingga tubuh tetap bugar dan jauh dari penyakit.

(hel)

Comments