Hasil Verifikasi, 2 Korban Meninggal di Kejadian Longsor Cisolok

Nasional

News / Nasional

Hasil Verifikasi, 2 Korban Meninggal di Kejadian Longsor Cisolok

Hasil Verifikasi, 2 Korban Meninggal di Kejadian Longsor Cisolok

KEPONEWS.COM - Hasil Verifikasi, 2 Korban Meninggal di Kejadian Longsor Cisolok JAKARTA - Ihwal jumlah korban meninggal dalam kejadian longsor di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, sempat simpang siur. Namun setelah diverifikasi, korban meninggal positi...

JAKARTA - Ihwal jumlah korban meninggal dalam kejadian longsor di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, sempat simpang siur.

Namun setelah diverifikasi, korban meninggal positif sebanyak 2 orang.

:Korban meninggal awalnya simpang siur karena kondisi yang panik. Berita yang beredar di lapangan dan sosial media, korban meninggal 2, 4, 5 dan 8 orang. Namun setelah dilakukan verifikasi di posko sementara, ada 2 korban meninggal," ungkap Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Berita dan Humas BNPB, dalam keterangan pers tertulisnya kepada Tribunnews, Selasa (1/1/2018).

Sutopo memaparkan, Tim SAR masih mencari 41 orang warga yang masih tertimbun longsor di lokasi kejadian.

Longsor ini sangat mengagetkan karena terjadi tiba-tiba pada pukul 17.30 WIB saat warga hendak bersiap menunaikan shalat Maghrib, Senin (31/12/2018) petang.

Sutopo menambahkan, Tim SAR terus melakukan pencarian korban longsor. Hingga hari ini pukul 02.30 WIB, sebanyak 32 KK atau 107 jiwa terdampak longsor. Rinciannya, 2 orang meninggal dunia, 3 orang luka-luka, 61 orang di pengungsian dan 41 orang belum ditemukan.

Disaksikan Anies Baswedan dan Aa Gym, Ratusan Pasangan Sah Jadi Suami Istri di Malam Tahun Baru 2019

Kerugian fisik sementara terdapat 30 unit rumah tertimbun dan ini merupakan data sementara karena masih dalam progres pendataan.

Upaya penanganan yang saat ini dilakukan menurut Sutopo melibatkan BPBD Kabupaten Sukabumi bersama Basarnas dan warga setempat melakukan evakuasi dan pendataan. Di sosmed, juga berkembang berita, ormas juga menurunkan tim evakuasi untuk membantu warga.

Pertamina: Realisasi Porgram BBM Satu Harga Lampaui Sasaran, Kini Ada di 123 Lokasi

Komunikasi dengan tim di lapangan hanya bisa memakai radio komunikasi/handy talkie yang merupakan jaringan lokal/point to point karena akses komunikasi seluler kurang bagus di lokasi ditambah kondisi jalanan yang terjal, dan berbatu serta cuaca hujan menghambat upaya evakuasi.

Untuk evakuasi diharapkan alat berat namun kondisi akses jalan dan medan cukup berat menuju lokasi bencana.

Hasil Verifikasi, 2 Korban Meninggal di Kejadian Longsor Cisolok

Comments