Hasil Studi: 75 Persen Kematian Balita di Indonesia Terjadi sebelum Berusia Satu Tahun

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Hasil Studi: 75 Persen Kematian Balita di Indonesia Terjadi sebelum Berusia Satu Tahun

Hasil Studi: 75 Persen Kematian Balita di Indonesia Terjadi sebelum Berusia Satu Tahun

KEPONEWS.COM - Hasil Studi: 75 Persen Kematian Balita di Indonesia Terjadi sebelum Berusia Satu Tahun Studi terbaru menemukan dalam dua dekade terakhir angka kematian balita, bervariasi hingga tujuh kali lipat di antara sejumlah kabupaten di Indonesia. Di Indonesia sendiri, 109.446 anak-anak meninggal...
Loading...

Studi terbaru menemukan dalam dua dekade terakhir angka kematian balita, bervariasi hingga tujuh kali lipat di antara sejumlah kabupaten di Indonesia. Di Indonesia sendiri, 109.446 anak-anak meninggal dunia pada usia balita di tahun 2017, dibandingkan tahun 2000 yang tercatat sebanyak 261.263 anak-anak.

Perbedaan antara rasio tertinggi dan rasio terendah kematian balita juga terlihat mencolok di daerah Indonesia Timur. Cacat paska-kelahiran merupakan penyebab terbesar kematian anak balita antara tahun 2000 dan 2017, menurut laporan Global Burden of Disease.

Kendati demikian, angka keseluruhan dari kematian yang disebabkan oleh cacat paska-lahir ini, tercatat separuhnya selama periode dari studi tersebut.

Anak bayi

Laporan Demographic Health Survey 2017 di Indonesia juga memperlihatkan situasi yang hampir mirip di mana dalam lima tahun terakhir, 75 persen kematian anak usia balita terjadi ketika anak-anak tersebut belum berusia satu tahun, dan 63 persen dari kematian bayi terjadi ketika mereka baru menjalani bulan pertama setelah kelahiran," ungkap Dr. Soewarta Kosen, peneliti dari Indonesia yang tergabung dalam penulisan studi ini, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (18/10/2019).

Soewarta menambahkan, angka-angka tersebut bervariasi di antara banyak sekali provinsi di Indonesia, di mana provinsi-provinsi di wilayah Indonesia Timur memperlihatkan rasio yang lebih tinggi jikalau dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia.

Oleh karena itu, prioritas dari program kesehatan perlu diarahkan untuk mengurangi kematian paska kelahiran, yang akan memengaruhi kematian pada usia bayi serta usia balita, serta memperbaiki kesenjangan rasio antar provinsi.

Studi ini merupakan studi yang pertama kali dilakukan, untuk memetakan angka kematian anak-anak di 99 negara berpendapatan rendah hingga berpenghasilan menengah, yang ditelaah hingga tingkat kabupaten.

Selanjutnya
Loading...

Comments