Hasil Penelitian: Bermain Fortnite dan PUBG Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

Games

Updates / Games

Hasil Penelitian: Bermain Fortnite dan PUBG Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

Hasil Penelitian: Bermain Fortnite dan PUBG Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

KEPONEWS.COM - Hasil Penelitian: Bermain Fortnite dan PUBG Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja PUBG Mobile. (Twitter/@PUBGMOBILE) Banyak orang menganggap bahwa bermain game merupakan sesuatu yang negatif dan berdampak buruk bagi orang yang kecanduan. Namun siapa sangka, penelitian terbaru just...

PUBG Mobile. (Twitter/@PUBGMOBILE)

Banyak orang menganggap bahwa bermain game merupakan sesuatu yang negatif dan berdampak buruk bagi orang yang kecanduan. Namun siapa sangka, penelitian terbaru justru mengungkapkan bahwa bermain game Fortnite dan PUBG ternyata dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Selain produktivitas, bermain game bersama sahabat di Fortnite dan PUBG juga dapat meningkatkan kerja sama antara sahabat satu kantor.

Menurut hasil penelitan terbaru dari Universitas Brigham Young (BYU), Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa bermain game selama 45 menit bersama di Fornite, PUBG, dan Halo 4 ternyata dapat meningkatkan produktivitas.

''Perusahaan menghabiskan ribuan dolar untuk kegiatan membangun kekompakan kerja. Namun setelah penelitian ini, kupikir, pergilah membeli Xbox,'' kata profesor BYU, Greg Anderson.

Para peneliti merekrut 352 individu dan secara tak terencana membagi mereka ke dalam 80 tim.

Peneliti memastikan tidak ada peserta yang mempunyai hubungan sebelumnya berada pada tim yang sama.

Tim diuji sebelum dan setelah berpartisipasi dalam sejumlah kegiatan, termasuk bermain video game, dengan latihan ''geocaching'' kompetitif yang disebut Findamine.

Latihan tersebut akan memberikan para peserta petunjuk singkat berbasis teks untuk menemukan landmark.

PUBG. (Twitter/@PUBG)PUBG. (Twitter/@PUBG)

Para peneliti menemukan tim yang terdiri dari gamer atau orang yang sudah bermain game, meningkat kinerja aktualnya pada putaran kedua Findamine secara signifikan.

Skor rata-rata yang berhasil mereka raih meningkat dari 435 menjadi 520 poin.

''Video game kemungkinan menjadi alternatif yang benar-benar layak dan bahkan optimal untuk membangun tim,'' kata pemimpin peneliti, Mark Ketih, dikutip dari The Inquirer.

Para peneliti mengklaim bahwa kita tidak perlu menjadi gamer kelas berat untuk melihat efek positif dan permainan tim.

Gamer newbie atau pemula bahkan bisa membangun hubungan kerja yang lebih kompak setelah bermain game tersebut.

Game seperti Fortnite dan PUBG, terutama ketika dimainkan dalam regu yang terdiri dari 2 atau 4 orang memang dapat mengembangkan kerja sama tim.

Penelitian mengenai video game dapat meningkatkan produktivitas. (AIS)Penelitian mengenai video game dapat meningkatkan produktivitas. (AIS)

Namun itu bisa diraih apabila orang kantor bermain secara tim dan buka solo (bermain sendiri).

Peneliti memaparkan bahwa game ini dapat menguji kemampuan orang untuk membuat keputusan cepat dan bekerja sama dalam lingkungan yang cukup akut atau penuh dengan tantangan.

Pemain harus siap memberi dan mendapatkan instruksi yang jelas dari rekan satu tim untuk dapat bertahan hidup dan mencapai kemenangan.

Alasan itulah yang menurut peneliti dapat membuat hubungan kerja sama antar tim meningkat.

Sementara produktivitas meningkat bisa disebabkan karena game tersebut juga membutuhkan refleks yang tinggi untuk mendeteksi musuh.

Hasil penelitian mengenai bermain game Fortnite dan PUBG dapat meningkatkan produktivitas kerja telah diterbitkan di jurnal AIS Transactions on Human-Computer Interaction.

Comments