Hasil Investigasi Kominfo pada Isu Set Top Box Terbakar

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Hasil Investigasi Kominfo pada Isu Set Top Box Terbakar

Hasil Investigasi Kominfo pada Isu Set Top Box Terbakar

KEPONEWS.COM - Hasil Investigasi Kominfo pada Isu Set Top Box Terbakar Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo telah melakukan investigasi pada isu dan video set top box terbakar yang beredar beberapa waktu lalu. Hingga akhirnya diungkap hasil investigasi Kom...

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo telah melakukan investigasi pada isu dan video set top box terbakar yang beredar beberapa waktu lalu.

Hingga akhirnya diungkap hasil investigasi Kominfo pada kasus set top box terbakar seperti diwartakan Suara.

- Spesifikasi dan Harga Set Top Box Digital Polytron PDV 620T2 - Daftar Harga Set Top Box Polytron, Cuma Rp 200 Ribuan - Daftar dan Harga Set Top Box Akari untuk Nonton Siaran TV Digital - Daftar dan Harga Set Top Box Polytron, Cocok untuk Nonton Siaran TV Digital

Sebagai diketahui, set top box merupakan perangkat untuk menonton siaran tv digital. STB digunakan pada pesawat tv analog untuk mengakses siaran digital.

Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia, dalam sebuah webinar pada akhir pekan kemarin mengatakan hasil investigasi menemukan bahwa isu yang disebar dalam video tersebut tidak benar.

"Dikatakan seolah-olah set top box itu berbahaya. Jangan percaya. Ternyata saat kita investigasi, bukan set top box yang rusak atau meledak," kata Gery seperti dikutip pada Senin (5/12/2022).

Lebih lanjut Gery membeberkan bahwa set top box terbakar yang termuat dalam video itu diyakini karena adanya kesalahan kelistrikan yang memicu korsleting.

Dalam kasus yang diperiksa Kominfo, diketahui adanya penggunaan konektor yang tersambung dengan 6 sampai 7 perangkat secara bersamaan.

Ilustrasi TV - menonton TV (Pixabay)Ilustrasi TV - menonton TV (Pixabay)

"Setelah kami investigasi bukan set top box yang meledak, tapi konektor. Itu digunakan 6 atau 7 perangkat. Setelah dicek terbukti STB-nya tidak ada masalah, bebernya.

Gery kemudian mengimbau masyarakat untuk membeli set top box yang sudah mengantongi sertifikat Kominfo, untuk menjamin kualitas serta layanan purnajual.

"Beli set top box yang tersertifikasi Kominfo dan SNI, karena ada garansi pabrik," tegas dia.

Apabila ada permasalahan dengan set top box tersebut, dikatakan Gery, masyarakat dapat langsung menghubungi kontak layanan produsen set top box yang bersangkutan.

Diwartakan sebelumnya, beredar sejumlah video yang menggambarkan set top box terbakar di beberapa tempat di Tanah Air. Kebakaran dipicu oleh perangkat set top box yang panas.

Belum diketahui apakah STB yang digunakan itu sudah mempunyai sertifikat Kominfo atau tidak. Juga tak disebutkan merek dan model set top box terbakar tersebut.

Itulah hasil investigasi Kominfo pada video set top box terbakar yang beredar beberapa waktu lalu. ( Liberty Jemadu)

Comments