Harus Anak Dikondisikan Makan Sayur dan Buah Sejak Bayi?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Harus Anak Dikondisikan Makan Sayur dan Buah Sejak Bayi?

Harus Anak Dikondisikan Makan Sayur dan Buah Sejak Bayi?

KEPONEWS.COM - Harus Anak Dikondisikan Makan Sayur dan Buah Sejak Bayi? Makanan Empat Bintang Memasuki bulan keempat menyusui, kandungan gizi ASI menurun. Kandungan gizi itu meliputi makronutrien (karbohidrat, protein, serta lemak) dan mikronutrien (zat besi, vitamin A, s...

Makanan Empat Bintang

Memasuki bulan keempat menyusui, kandungan gizi ASI menurun. Kandungan gizi itu meliputi makronutrien (karbohidrat, protein, serta lemak) dan mikronutrien (zat besi, vitamin A, seng, vitamin D, dan Natrium alias garam). Serat kasar atau sayur, kata Abdullah, tidak terlalu dibutuhkan oleh si kecil yang usianya di bawah setahun. Jumlah serat kasar yang diserap oleh tubuh si kecil sangat sedikit, adalah kurang dari 1 persen. Kebanyakan serat membuat BAB si kecil menjadi keras. Seratnya lebih baik serat halus seperti buah. Buahnya boleh apa saja kecuali yang dikeringkan seperti peach kering dan kurma kering. Madu juga tidak disarankan untuk bayi yang usianya belum genap setahun, urai dia.

Itu sebabnya, Abdullah menyayangkan banyak ibu yang memilih nasi, sayur hijau, sayur warna-warni, dan buah sebagai makanan empat bintang (makanan dengan empat unsur gizi) buat bayi mereka.

Makanan empat bintang versi Abdullah adalah nasi, protein dan lemak dari aneka daging, serta buah. Selama anak tidak obesitas, jangan ragu memilih daging berlemak. Protein dan lemak bisa didapat dari daging. Berikut saya sebutkan daging berdasarkan tingginya zat besi, rendahnya kadar alergi, dan mudahnya diserap oleh tubuh: daging sapi, kambing, kerbau, ati ampela. Lalu daging unggas, telur, ikan air tawar, dan ikan air laut, beber Abdullah.

Jadwal makan si kecil boleh disamakan dengan orang dewasa. Tujuannya agar ia terbiasa dengan jam biologis 3 kali makan dan 2 kali snack. Porsinya menyesuaikan kebutuhan si kecil. Durasi makan bayi idealnya 20-30 menit. Satu jam sebelum makan, jangan memberi ASI kepada anak untuk menciptakan rasa lapar, pungkasnya.

Rekomendasi

Harus Anak Dikondisikan Makan Sayur dan Buah Sejak Bayi?

Comments