Hari Kesehatan Nasional, Menkes Soroti Masih Tingginya Harga Obat

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Hari Kesehatan Nasional, Menkes Soroti Masih Tingginya Harga Obat

Hari Kesehatan Nasional, Menkes Soroti Masih Tingginya Harga Obat

KEPONEWS.COM - Hari Kesehatan Nasional, Menkes Soroti Masih Tingginya Harga Obat GENERASI sehat menjadi salah satu keberhasilan kunci majunya pembangunan kesehatan di Indonesia. Di samping itu, butuh inovasi baru dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. Bertepatan dengan Hari Keseh...
Loading...

GENERASI sehat menjadi salah satu keberhasilan kunci majunya pembangunan kesehatan di Indonesia. Di samping itu, butuh inovasi baru dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional 2019, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto bertekad memprioritaskan mewujudkan generasi sehat. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar bisa mencapai keinginan tersebut.

Sebagaimana yang telah diamanatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pelantikan Kabinet Indonesia maju 2020-2024, dalam lima tahun mendatang pemerintah harus memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia. Hal itu sejalan dengan tema HKN ke-55 adalah "Generasi Sehat, Indonesia Unggul".

Menkes Terawan mengatakan, ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan, terkait pembanguann sumber daya berbobot, yaitu stunting dan Jamiman Kesehatan Nasional (JKN). Sementara ada isu kesehatan lainnya, yaitu tingginya harga obat dan rendahnya pemakaian alat kesehatan buatan dalam negeri.

 tingginya harga obat dan rendahnya pemakaian alat kesehatan buatan dalam negeri.

"Hal tersebut akan jadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diusahakan segera solusinya," ucap Menkes Terawan saat Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2019 di Gedung Kemenkes, daerah Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019).

Menkes Terawan menambahkan, selama lima tahun terakhir banyak sekali keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan sumber daya manusia telah diraih. Ditandai dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Indonesia setiap tahun.

Salah satu parameternya ialah usia harapan hidup, telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan. Antara lain menurunnya Angka Kematian Ibu (AKI), stunting, meningkatnya cakupan imunisasi, serta berhasilnya pengendalian penyakit menular, dengan menurunnya angka TB.

"Terima kasih dalam kurun waktu 5 tahun angka stunting diturunkan hampir 10 persen," imbuh Menkes Terawan.

Selanjutnya

Comments