Hari Kesehatan Nasional 2019, Mantan Menkes Nila Moeloek Ungkap PR Pemerintah

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Hari Kesehatan Nasional 2019, Mantan Menkes Nila Moeloek Ungkap PR Pemerintah

Hari Kesehatan Nasional 2019, Mantan Menkes Nila Moeloek Ungkap PR Pemerintah

KEPONEWS.COM - Hari Kesehatan Nasional 2019, Mantan Menkes Nila Moeloek Ungkap PR Pemerintah Tanggal 12 November selalu diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional. Berbicara mengenai kesehatan di Indonesia, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan oleh pemerintah. Mantan Men...
Loading...

Tanggal 12 November selalu diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional. Berbicara mengenai kesehatan di Indonesia, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan oleh pemerintah. Mantan Menteri Kesehatan Nila Moeloek, turut angkat bicara mengenai hal-hal yang harus diselesaikan.

Ditemui Okezone dalam acara diskusi Hari Kesehatan Nasional 2019 bertema 'Generasi Sehat untuk Indonesia Unggul', Nila Moeloek mengatakan menurut data indeks keluarga sehat hanya 18 persen dari total seluruh masyarakat. Artinya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat belum ada.

"Ujungnya dari diskusi ini sebenarnya mau mencoba mengubah perilaku. Backup layanan kesehatan itu hanya 30 persen, genetik 10 persen, yang paling utama ialah perilaku dan lingkungan. Jadi bagaimana caranya mengubah perilaku masyarakat karena kesehatan semua di hilir," ujar Nila di akhir acara diskusi yang diselenggarakan ILUNI UI, Selasa (12/11/2019).

hari kesehatan

Nila menambahkan, sulit menciptakan generasi yang unggul apabila masyarakat di hulunya tidak sehat. Ia mencontohkan perilaku masyarakat di Sumatera Utara yang membuang babi terkena kolera ke sungai. Padahal air sungai digunakan oleh masyarakat sekitar untuk keperluan hidup sehari-hari.

"Mereka tidak sadar bahwa itu sebenarnya tidak baik. Kenapa tidak digali saja, dikubur 'kan itu lebih aman. Perilaku, jadi itu PR utama," ucap Nila Moeloek.

Selanjutnya
Loading...

Comments