Hari Kesehatan Mental Sedunia, WHO Sebut Tiap 40 Detik Ada Orang Bunuh Diri

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Hari Kesehatan Mental Sedunia, WHO Sebut Tiap 40 Detik Ada Orang Bunuh Diri

Hari Kesehatan Mental Sedunia, WHO Sebut Tiap 40 Detik Ada Orang Bunuh Diri

KEPONEWS.COM - Hari Kesehatan Mental Sedunia, WHO Sebut Tiap 40 Detik Ada Orang Bunuh Diri KESEHATAN mental tengah menjadi isu yang mendapat perhatian serius. Terlebih setelah World Health Organization (WHO) merilis pernyataan bila setiap 40 detik satu orang di dunia kehilangan nyawanya kar...
Loading...

KESEHATAN mental tengah menjadi isu yang mendapat perhatian serius. Terlebih setelah World Health Organization (WHO) merilis pernyataan bila setiap 40 detik satu orang di dunia kehilangan nyawanya karena bunuh diri.

Mereka memilih mengakhiri hidup dengan cara gantung diri, menenggak racun, dan menembak diri sendiri. Salah satu penyebab bunuh diri yang paling umum ialah depresi.

Hal ini berkaitan erat dengan kesehatan mental seseorang. Oleh karenanya, WHO mengimbau pemerintah di seluruh dunia membuat kebijakan guna membantu warganya mengatasi stres. Dengan begitu, akses untuk melakukan percobaan bunuh diri bisa diturunkan.

Dengan begitu, akses untuk melakukan percobaan bunuh diri bisa diturunkan.

Selain memberi imbauan, WHO juga mengeluarkan kampanye bertajuk '40 second of action' atau '40 detik tindakan'. Kampanye ini sengaja dikeluarkan bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang diperingati setiap 10 Oktober.

WHO mengatakan, tujuan kampanye itu merupakan meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa bunuh diri ialah bagian dari masalah kesehatan global. Penting juga bagi masyarakat untuk mencegah terjadinya bunuh diri, entah itu pada dirinya maupun orang-orang di lingkungan sekitar. Cara mencegahnya pun cukup mudah.

Selanjutnya

Comments