HARI IBU 2016: Peran Ibu di Rumah dalam Jaga Kesehatan Keluarga

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

HARI IBU 2016: Peran Ibu di Rumah dalam Jaga Kesehatan Keluarga

HARI IBU 2016: Peran Ibu di Rumah dalam Jaga Kesehatan Keluarga

KEPONEWS.COM - HARI IBU 2016: Peran Ibu di Rumah dalam Jaga Kesehatan Keluarga IBU memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan keluarga. Pasalnya, seorang ibu punya tanggung jawab dalam mengurus segala kebutuhan rumah tangga.Misalnya dengan beberes rumah, menata area dapur,...

IBU memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan keluarga. Pasalnya, seorang ibu punya tanggung jawab dalam mengurus segala kebutuhan rumah tangga.

Misalnya dengan beberes rumah, menata area dapur, memerhatikan pekarangan rumah dan pekerjaan rumah lainnya. Tahukah Anda bahwa semua itu dilakukan ibu demi kesejahteraan anggota keluarganya.

Dikutip Ahchealthnews, Kamis (22/12/2016). Dibalik tanggung jawab ibu mengurus rumah, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa dirasakan seluruh anggota keluarga;

Minimalisir penyebaran kuman

Kamar mandi selalu digadang-gadang sebagai area rumah paling kotor dan penuh kuman. Tapi jangan salah, justru dapur merupakan tempat favorit kuman berkumpul.

Diungkapkan Dr Stephen Sokalski, spesialis penyakit menular di Christ Medical Center. Dapur merupakan daerah utama penyebaran kuman karena banyak celah yang menampung air cucian piring, sisa makanan serta perabot dapur yang selalu bersentuhan dengan daging, ikan dan segala macam bahan mentah.

Ketika area dapur ini sering dibersihkan dan tertata apik. Maka tak hanya sedap dipandang, tapi juga meminimalisir penyebaran kuman berbahaya.

Bersihkan area kamar mandi

Dr Stephen juga menekankan bahwa pentingnya memerhatikan kebersihan kamar mandi, karena potensi kuman berbahaya cukup besar di area ini.

"Area kamar mandi perlu diberi desinfektan untuk menjaga kebersihannya," kata dia.

Mengusir hama pembawa penyakit

Serangga dan tikus mudah berkembangbiak di tempat kotor, terlebih di sekitar rumah yang kebersihannya tidak terjaga. Peran ibu ketika membersihkan area kotor juga dapat mengusir hama yang berisiko mengakibatkan penyakit berbahaya jika makanan yang disantap dan disiapkan ibu terkontaminasi hama kotor seperti kecoa, tikus, bahkan larva.

"Kecoa tak hanya mengganggu, tapi juga bisa menyebar kuman berbahaya bagi manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit asma dan gastroenteritis," ungkap Dr Sokalski.

Mengendalikan berat badan anggota keluarga

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita akan makan lebih banyak makanan manis dan makanan tinggi lemak ketika berhadapan dengan kerepotan sehari-hari.

Para peneliti dari Cornell University menemukan bahwa lingkungan rumah yang kotor dan berantakan juga memainkan peran dalam mengendalikan berat badan.

Mereka mendirikan dua dapur uji dengan makanan ringan yang sehat dan tidak sehat. Lalu disiapkan dapur terorganisir dan berantakan. Wanita yang dihadapkan pada dapur berantakan cenderung lebih banyak makan untuk meredakan stres.

HARI IBU 2016: Peran Ibu di Rumah dalam Jaga Kesehatan Keluarga

Comments