Hari Donor Darah Sedunia: Apa Saja Mitos Kegiatan Menyumbang Darah?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Hari Donor Darah Sedunia: Apa Saja Mitos Kegiatan Menyumbang Darah?

Hari Donor Darah Sedunia: Apa Saja Mitos Kegiatan Menyumbang Darah?

KEPONEWS.COM - Hari Donor Darah Sedunia: Apa Saja Mitos Kegiatan Menyumbang Darah? 14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah sedunia. Menurut organisasi kesehatan dunia, WHO, nyaris semua orang bisa menyumbang darah mereka apabila mereka sehat. Namun tetap saja ada beberapa perin...

14 Juni diperingati sebagai Hari Donor Darah sedunia. Menurut organisasi kesehatan dunia, WHO, nyaris semua orang bisa menyumbang darah mereka apabila mereka sehat.

Namun tetap saja ada beberapa peringatan, yang bisa jadi rumit lantaran adanya mitos dan kesalahpahaman soal donor darah ini.

Ini merupakan beberapa di antaranya.

Vegetarian tidak bisa menyumbang darah

Persoalannya merupakan pada zat besi - komponen utama di dalam darah - dan kekhawatiran bahwa makanan vegetarian mengandung zat besi yang rendah. Namun selagi Kamu menjalani pola makan yang seimbang, Kamu tak akan kekurangan zat besi di dalam tubuh.

Ketika kadar zat besi di dalam tubuh Kamu rendah, maka Kamu tak boleh menyumbang darah demi keselamatan Kamu sendiri. Hampir seluruh negara di dunia akan menjalankan tes hemoglobin di lokasi donor darah dan akan menghalangi orang anemia untuk menyumbang darah.

Tato dan tindik akan membuat Kamu dilarang menyumbang darah

Tidak ada larangan, tetapi memang ada waktu tunggu bagi orang yang baru mendapatkan tato dan tindik - bahkan kunjungan ke dokter gigi - sampai mereka boleh menyumbang darah.


Pastikan Kamu tahu kapan terakhir kali Kamu mendapat tato sebelum mencoba menyumbangkan darah Kamu - Getty Images

Panduan WHO menyarankan waktu tunggu 6 bulan sesudah mendapat tato, 12 jam sesudah mendapat tindik dari profesional, dan 24 jam sesudah kunjungan ke dokter gigi serta sebulan sesudah operasi gigi, bagi seseorang untuk boleh menyumbang darah.

Kamu tak bisa menyumbang darah ketika sakit, hamil, terlalu muda atau terlalu tua

Ini benar. Orang yang positif sesudah melalui tes HIV (atau virus AIDS), hepatitis, sifilis, tuberkulosis dan sejumlah infeski yang bisa ditularkan lewat transfusi, tidak akan bisa menyumbang darah.

Tanda-tanda demam, flu, sakit tenggorakan, kuman di perut atau infeksi lain akan membuat Kamu ditolak di pusat-pusat donor darah.

Kamu harus benar-benar pulih dari banyak sekali infeksi sekurangnya 14 hari, sebelum bisa menyumbang darah.

Ketika Kamu mengkonsumsi antibiotik, Kamu harus menunggu tujuh hari sesudah pengobatan selesai, sebelum menyumbang darah.

Aturan untuk banyak sekali pengobatan lain berbeda dari satu negara ke yang lain.

Ketika Kamu hamil, menyusui, baru saja melahirkan, atau menjalani aborsi, maka Kamu harus menunggu agar kadar zat besi Kamu kembali lagi sebelum menyumbang darah. Namun menstruasi bukan hambatan.

Dr Annadurai standing before Chandrayaan-1 - Pallava Bagla/Getty

Kisah Ilmuwan dari Desa Miskin di Balik Misi India Sampai ke Bulan

Facebook.

Facebook Punya Fasilitas Donor Darah, Daftarnya Gampang

Lee Chong Wei memutuskan untuk pensiun dari dunia badminton setelah didiagnosa mengidap kanker hidung.-AFP/Getty Images

Lee Chong Wei Pensiun: Saya Berjuang Habis-habisan untuk Negara

Umur minimum untuk donor darah ialah 16 tahun, yang merupakan syarat hukum untuk pemberian persetujuan di banyak negara.

Tidak ada batas atas untuk donor darah sekalipun banyak negara menetapkan usia antara 6-70 tahun.

Bagi orang yang pertama kali menyumbang darah, diharapkan perhatian khususnya di negara-negara dengan tingkat harapan hidup yang secara umum rendah.

Kegiatan "berisiko"


Ada aturan bagi kaum gay yang membuat komplikasi bagi mereka dalam menyumbangkan darah - Getty Images

Hidup sesungguhnya ialah rangkaian risiko. Beberapa di antaranya bisa menghentikan Kamu dari menyumbang darah.

WHO mengatakan "perilaku seksual berisiko tinggi" seperti misalnya mempunyai banyak pasangan seks, atau mendapat bayaran untuk seks, atau hubungan sesama jenis untuk laki-laki, bisa membuat Kamu berada dalam daftar tunggu sebelum bisa menyumbang darah.

Penggunaan obat-obatan untuk keperluan rekreasional melalui suntikan juga akan membuat Kamu sulit menyumbang darah. Ini juga bisa terjadi kalau Kamu baru-baru saja bepergian ke daerah yang terjangkit endemi penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk seperti malaria, demam berdarah dan Zika.

Beberapa negara langsung melarang orang-orang yang terlibat pada kegiatan `berisiko`, tetapi aturan menyeluruh semacam itu kerap dianggap diskriminatif, sekalipun mungkin terjadi.

Kamu tidak akan kehabisan darah


- Getty Images

Orang dewasa rata-rata mempunyai lima liter darah dalam tubuh, tergantung pada berat badan. Donor darah rata-rata mengambil sekitar 500ml cairan merah berharga itu dari tubuh Kamu.

Orang dewasa sehat akan menggantikan cairan yang hilang tersebut dan sel-selnya dalam waktu 24-48 jam sesudah donasi.

Ringkasnya, kalau Kamu:

Segar dan sehat Mempunyai berat badan antara 50kg hingga 160kg Berusia antara 18 dan 66 (berlaku variasi berbeda antar negara) Tidak hamil atau menyusui Tidak punya sejarah infeksi HIV Tidak terlibat dalam kegiatan 'berisiko' dalam 12 bulan terakhir

...maka Kamu diperbolehkan menyumbangkan darah Kamu.

Comments