Harga Cabai dan Bawang Anjlok, Mentan: Belum Perlu Diintervensi

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Harga Cabai dan Bawang Anjlok, Mentan: Belum Perlu Diintervensi

Harga Cabai dan Bawang Anjlok, Mentan: Belum Perlu Diintervensi

KEPONEWS.COM - Harga Cabai dan Bawang Anjlok, Mentan: Belum Perlu Diintervensi JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa dirinya belum berencana mengintervensi harga komoditas seperti cabai dan bawang yang harganya anjlok dibeberapa daerah. Data K...
Loading...

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa dirinya belum berencana mengintervensi harga komoditas seperti cabai dan bawang yang harganya anjlok dibeberapa daerah. Data Kementan belum menyebutkan lonjakan harga cabai dan bawang.

Kebutuhan Daging Jelang Lebaran Melonjak 400%

"Kita miliki data harga naik turun komoditas itu. Di mana kita melihat harga komoditas ini masih dalam range yang belum harus diintervensi oleh kita. Jadi tentu ada kenaikan ada beberapa yang turun itu masih level yang katakanlah belum perlu di intervensi pemerintah," ujar Syahrul di Kemenko Perekonomian Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Sepedas Rasanya, Harga Cabai Rawit Mulai Meroket di Surabaya

Dia menegaskan, naiknya harga cabai dan bawang bukan disebabkan oleh terganggunya distribusi. Pasalnya waktu panen raya pun akan sesuai dengan yang direncanakan.

"Seperti saat ini masih normal. Kapan panen raya karena supply lebih banyak harga jadi turun, tapi pemerintah ada range," tutur dia.

Harga Daging Ayam dan Telur Melonjak Hari Ini

Dia menambahkan, Kementan akan fokus membenahi pendataan di sektor pertanian, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi terkini. Di mana bakal digunakan teknologi citra satelit dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) terutama untuk mendata lahan pertanian hingga potensi panen.

"Kami tengah menyinkronkan data pertanian agar menjadi satu pintu. Serta akan menggandeng beberapa kementerian dan juga pejabat daerah," ungkap dia.

(fbn)

Loading...

Comments